Setelah Makan Jangan Duduk, Coba Jalan Kaki 15 Menit Lalu Rasakan Manfaatnya

Setelah Makan Jangan Duduk, Coba Jalan Kaki 15 Menit Lalu Rasakan Manfaatnya

Berjalan kaki setelah makan bisa memberi manfaat besar untuk kesehatan-Foto: Dona Piscesika/Jambi Ekspres-

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Sudah makan perut kenyang eh ujungnya mata ngantuk, bawaan ingin santai, pengen duduk saja atau malah rebahan.

Eits! jangan pernah lakukan ini lagi, coba lah berjalan kaki, 15 menit saja. Bisa lakukan di dalam rumah, bolak balik dapur, di halaman rumah atau dimana saja.

Mengapa harus jalan kaki? Ternyata melakukan hal ini setelah makan memiliki segudang manfaat.

Berikut 5 manfaat jalan kaki setelah makan dikutip Jambi Ekspres dari hellosehat.com

1. Mengurangi Resiko Diabetes

Perlu kita ketahui, menurut beberapa studi, kebiasaan jalan kaki 15 menit setelah makan bisa membantu menurunkan gula darah hingga 22 persen.

Tentu saja dampaknya akan sangat baik bagi kesehatan, karena bisa menghindari kita dari potensi risiko diabetes melitus.

2. Menurunkan Berat Badan

Kita diet tujuannya untuk mengurangi berat badan, rajin olahraga juga tujuannya sama, namun perlu diketahui juga ternyata berjalan kaki 15 menit setelah makan juga bisa membantu menurunkan berat badan.

Jalan kaki setelah makan akan ikut membantu membakar kalori dari asupan makanan yang kita konsumsi.

Jalan kaki rutin setelah makan ikut menambah jumlah kalori yang bisa dibakar tubuh sehingga membantu program menurunkan berat badan anda.

Tentu saja tetap disertai dengan kegiatan olahraga lainnya dan juga menjaga pola makan.

3. Tekanan Darah Normal dan Jantung Lebih Sehat

Berjalan kaki 10 hingga 15 menit setelah makan ternyata sangat baik untuk menurunkan tekanan darah seseorang. Mengingat aktivitas ini bisa melancarkan aliran darah.

Aliran darah yang lancar akan membantu mencegah plak kolesterol pada pembuluh darah. Dimana plak inilah yang biasanya ikut memicu penyakit jantung bahkan juga stroke.

4. Tidur Lebih Nyenyak

Jika anda memiliki masalah dengan pola tidur atau susah tidur, mungkin bisa mencoba berjalan kaki 15 menit setelah makan.

Jalan kaki setelah makan akan membuat anda bisa tidur lebih nyenyak. Dan juga memiliki pencernaah yang lebih sehat sehingga saat istirahat tubuh menjadi lebih nyaman.

Aktivitas ini juga akan membantu metabolisme tubuh menjadi meningkat  karena tubuh terus terpacu membakar lebih banyak energi.

Bagaimana? Penasaran mencoba? Tentu saja praktek ini tak bisa langsung memberi dampak jika hanya melakukannya sekali saja.

Lakukan secara teratur setiap hari lalu rasakan manfaatnya beberapa hari kemudian. (*)
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: