>

HEBOH! Puluhan Pengunjung Festival Kerinci Kesurupan saat Tari Ngagah Harimau

HEBOH! Puluhan Pengunjung Festival Kerinci Kesurupan saat Tari Ngagah Harimau

Puluhan Pengunjung Festival Kerinci Kesurupan saat Tari Ngagah Harimau--

KERINCI, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Pembukaan Festival Kerinci ke-XXI sempat heboh saat penampilan tari tradisional Ngagah Harimau, Kamis (2/11) di Danau Kerinci. Puluhan penonton kesurupan saat menyaksikan Tari Ngagah Harimau

Pantauan di lokasi festival, awalnya tarian Ngagah Harimau sempat menarik perhatian ribuan pengunjung yang hadir. Namun berselang pertengahan atraksi, sejumlah penonton mulai masuk ke area pembukaan festival karena kerasukan.

Penonton kesurupan lalu melakukan gerakan seperti harimau. Beberapa yang kesurupan akhirnya bisa ditenangkan oleh pawang yang ada di lokasi. 

Tarian mistik ini diperankan oleh pemuda-pemudi dari Desa Pulau Tengah, mereka menampilkan atraksi Tari Ngagah Harimau dari Pulau Tengah, Kecamatan Keliling Danau, Kabupaten Kerinci.

Untuk diketahui, Tari Ngagah Harimau atau dalam bahasa Pulau Tengah Ngageah Imau, yang berarti menghibur roh harimau yang mati agar harimau lain tidak menganggu.

Menurut kepercayaan masyarakat setempat, Tari Ngagah Harimau juga berfungsi sebagai tari penolak bala.

Ngagah Harimau adalah ritual atau persembahan menghormati roh harimau yang mati.

Bagi masyarakat Kerinci, harimau adalah makhluk kharismatik yang dipercaya sebagai titipan dari nenek moyang untuk menjaga hutan Kerinci.(hdp)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: