70 Mahasiswa FST UIN STS Jambi Fasih Tahsin dan Tahfidz Al – Quran

70 Mahasiswa FST UIN STS Jambi Fasih Tahsin dan Tahfidz Al – Quran

FST UIN STS Jambi menggelar program mengaj--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN STS Jambi telah melaksanakan program mengaji mahasiswa.

Kegiatan diikuti 1000 mahasiswa semester 1,3 dan 5. Untuk itu 70 mahasiswa terpilih direkomendasikan mengikuti Ujian Kemampuan Tahsin dan Tahfidz untuk memenuhi standar Tahfidz  Ma’had Aljamiah UIN STS Jambi, Sabtu (28/10).

Mahasiswa yang direkomendasikan adalah yang telah mengikuti  7 minggu program mengaji  Saintek dan telah di evaluasi oleh para mentor yang dikoordinir Rifqi Mustopa, S.Hum.,M.Hum,  

Dari ujian tersebut 70 mahasiswa dinyatakan memiliki kemampuan skill dasar Tahsin dan Tahfiz Al Qur’an baik. 

Setelah dinyatakan memiliki kemampuan Tahsin dan tahfidz sesuai standar, maka mahasiwa tersebut direkomendasikan untuk mendapat sertifikat Tahfidz.

Ujian ini merupakan tindaklanjut kerjasama Fakultas Sainstek dengan Ma’ahad Alajimiah dan FST UIN STS Jambi.

Hadir langsung dalam pembinaan dan Ujian Tahsin dan Tahfidz yaitu Ustad H. Abu Mansur, Lc dan Ustad . H. Bakti Husin, Lc, M.Ag yang berinteraksi langsung dengan mahasiswa Saintek dengan menyimak langsung bacaan dan Hafalan Ayat Qur’aan dari masing-masing mahasiswa.


Mahasiswa yang mengikuti program mengaji FST--

“Mahasiswa Saintek yang direkomendasikan mengikuti Ujian Tahfidz Ma’had yang dinyatakan lulus, akan terus dibina untuk diberdayakan sebagai pendamping dalam Program Jum’at Mengaji bagi mahasiswa Semester 1 angkatan 2023, Kamis Mengaji bagi mahaiswa semester 3 angkatan 2022 & Rabu Mengaji bagi masihsiswa semester 5 angkatan 2021,” jelas Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Iskandar, S.Ag.,M.Pd.,M.S.I.M.H.,Ph.D.

Kegiatan ini dilaksanakan secara rutin di Mesjid Ash Shahabah kampus UIN SUTHA. Dimana kegiatan ini bertujuan untuk menghidupkan minat literasi Qur’ani bagi civitas akademika Saintek, sehingga seluruh mahasiswa Saintek dapat dipastikan akan memilki kemampuan dasar Tahsin dan Tahfidz Juz’amma Al Qur’an.

 Hal ini penting dalam mendukung keilmuan Sains dan Teknologi serta untuk membentingi literasi Digital sehingga dalam penerapan keilmuannya  tetap tidak keluar dari nilai-nilai relegiusitas.

Komitmen FTK untuk memfasilitasi dan membina kemampuan tahasin dan Tahfidz mahasiswa  7 program studi, yaitu Sistem Informasi, Kimia, Fisika, Biologi, Sains Informasi Geografi dan arsitektur.

Setiap bulannya aka nada evaluasi melalui mentor dan ma’had Aljamiah, sehingga mengetahui capaian kemampuan tahsin dan tahfidz.

“Mahasiswa yang sudah lulus tes Tahsin dan tahfidz, akan dilanjutkan ke Kajian dan praktik transintegrasi Ilmu dimulai dari meningkatkan kemampuan mahasiswa  baca Al Qur’an yang baik dan benar,” tambah Dekan FST.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: