Leadership, Manajerial dan Communication Skill Diuji Fasha Pada Calon Lurah

Leadership, Manajerial dan Communication Skill Diuji Fasha Pada Calon Lurah

Leadership, Manajerial dan Communication Skill Diuji Fasha Pada Calon Lurah--

Revolusi Birokrasi Entrepereneur dalam pemerintahan Kota Jambi menurut Fasha, harus berorientasi pada birokrasi pemerintahan yang memiliki jiwa dan semangat kewirausahaan berorientasi pada kebutuhan masyarakat. Orientasi itu dijalankan dengan karakteristik, efisien, inovatif, responsif, serta kompetitif dalam pelaksanaan dan penyelenggaraan tugas serta fungsinya. 

"Entrepereneur Birokrasi dan New Public Service yang kami terapkan ini, sukses merubah paradigma, etos dan mentalitas ASN Kota Jambi menjadi aparatur pekerja keras, berintegritas dan melayani sepenuh hati, serta memiliki inisiatif yang tinggi terkait tupoksi masing-masing. Paradigma yang dibangun adalah "Whole of Government" yang mewajibkan seluruh OPD mampu bekerja dan berkolaborasi bersama, tanpa ego sektoral untuk mencapai tujuan bersama dan memberikan solusi terintegrasi pada satu isu publik yang muncul," pungkasnya.

Sebagai kepala daerah yang juga populer dengan kebijakan "Outward looking policy" dalam menjalankan tata kelola pemerintahan, Wali Kota Fasha yang juga dikenal memiliki jejaring luas ditataran internasional juga tidak menyiakan hal tersebut dalam membangun kemitraan dalam meningkatkan profesionalitas ASN Kota Jambi. Sejak tahun 2016, dirinya sukses telah mengirimkan lebih dari 300 ASN Pemkot Jambi untuk mengikuti berbagai pelatihan diluar negeri tanpa mengandalkan APBD Kota Jambi.

Salah satunya adalah pelatihan melalui program Singapore Cooperation Programme (SCP) yang didukung penuh oleh Pemerintah Singapura dan juga berbagai pelatihan yang dilaksanakan di China, Korea, Vietnam, Malaysia, Denmark. Berbagai pelatihan tersebut ditujukan untuk membuka orientasi dan cara berpikir ASN Pemkot Jambi agar memiliki wawasan global dan memiliki daya saing seperti negara maju lainnya di dunia. (hfz/mg8)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: