Pilgub Jambi 2024, Lawan Sepadan Al Haris Adalah Romi, Fasha dan CE, Ini Analisanya

Pilgub Jambi 2024, Lawan Sepadan Al Haris Adalah Romi, Fasha dan CE, Ini Analisanya

Gubernur Jambi Al Haris--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Pemilihan gubernur (Pilgub) Jambi  bakal menarik untuk cermati pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2024.

Soalnya ada banyak tokoh yang berpotensi menjadi penantang Al Haris, kandidat petahana yang saat ini menjabat gubernur Jambi.

Menyandang status petahana membuat posisi Al Haris sedikit lebih unggul dan sulit untuk digoyang. Terlebih Al Haris kabarnya akan kembali berpasangan dengan Abdullah Sani untuk periode keduanya memimpin Provinsi Jambi. 

Meski begitu, sejumlah penantang tetap bermunculan. Nama yang paling kentara adalah Romi Hariyanto, Bupati Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) yang sudah menjabat dua periode.

Selain menjabat Bupati, Romi adalah Ketua DPD PAN  Tanjabtim yang pada Pemilu kembali berhasil merebut 50 lebih kursi legislatif. 

Romi bukan politisi biasa. Ia belum pernah menelan kekalahan dalam karir politiknya. Terlebih namanya juga mengakar kuat diinternal partai berlambang matahari biru. Keluarganya banyak terlibat dalam membesarkan PAN di Provinsi Jambi. 

Sebagai bentuk keseriusannya maju di Pilgub Jambi, Romi sudah melakukan roadshow jauh-jauh hari. Terakhir Romi meresmikan Balai Rakyat yang merupakan wadah pemenangan masyarakat untuk dirinya pada 27 November mendatang.

Hanya saja Romi harus bersaing dengan Al Haris untuk merebut dukungan PAN. Selain karena kandidat petahana, Al Haris merupakan Ketua MPP PAN Provinsi Jambi yang berpotensi diusung kembali pada Pilgub 2024

Selain Romi, nama lainnya yang berpotensi menjadi penatang adalah mantan Walikota Jambi Sy Fasha. Meski terpilih menjadi anggota DPR RI pada Pemilu kemarin, peluang dirinya untuk maju di Pilgub belum tertutup. 

Terlebih  perolehan suara yang dimiliki Ketua NasDem Provinsi Jambi ini pada Pemilu kemarin sangat signifikan. Ada 72 ribu lebih suara pribadi yang dimiliki, terbesar ada di Kota Jambi yang menjadi basis utama Sy Fasha. 

Nama-nama lain ada Ketua DPD I Golkar Provinsi Jambi Cek Endra, Mantan Bupati Tebo Sukandar, Ketua DPD Demokrat Mashuri, mantan Kapolda Sulteng Irjen Pol (purn) Syafril Nursal dan beberapa nama lainnya. 

Romi Hariyanto sendiri belum lama ini mempertegas niatannya untuk maju di Pilgub Jambi. "Insya Allah saya dengan segala pertimbangan dan izin keluarga dan orang tua dengan bismillah saya akan maju sebagai calon Gubernur Jambi bukan calon wakil gubernur Jambi," tegasnya saat meremiskan Balai Rakyat di Kecamatan Jambi Timur, Kota Jambi.

Ia mengaku semua langkah yang akan diambil telah bicarakan bersama tim yang akan ikut serta memenangkan dirinya. Termasuk menjalin komunikasi dengan beberapa partai untuk memuluskan niatnya itu. 

"Sudah pendekatan, sudah dikomunikasikan. Insya Allah 90 persen sudah oke. Yang jelas semua berproses ke depan. Semoga habis lebaran kita akan tahu partai mana yang akan jadi pengusung," ungkap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: