Detik-detik Jet Tempur China Cegat Pesawat Bom Amerika Dalam Jarak 3 Meter. Netizen: Good Job China!

Detik-detik Jet Tempur China Cegat Pesawat Bom Amerika Dalam Jarak 3 Meter. Netizen: Good Job China!

Jet tempur China mencegat pesawat bom Amerika dari jarak sangat dekat sekitar 3 meter di atas laut China Selatan-tangkap layar-

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Sebuah video viral ditayangkan media internasional yang menunjukkan detik-detik jet tempur China sedang mencegat pesawat bom milik Amerika Serikat di atas Laut China Selatan.

Dalam video itu terlihat dua pesawat itu berjarak sangat dekat, hanya 3 meter atau 10 kaki, bahkan nyaris bertabrakan. Jet tempur China terlihat mendekati pesawat Amerika di bawah dan di depan dengan kecepatan tinggi di atas laut.

Pihak Militer Amerika Serikat (AS) kemudian buka suara terkait video itu dan membenarkan telah terjadi kejadian itu pada Selasa lalu.

Militer Amerika juga mengecam apa yang dilakukan pilot pesawat tempur China itu.

Komando Indo-Pasifik Amerika Serikat, dalam sebuah pernyataan resmi mengatakan pilot China itu telah terbang tidak profesional dan tidak aman.

Pilot China itu juga dikatakan telah menunjukkan skill terbang yang buruk. Ia terbang di bawah dan di depan dan kecepatannya berlebihan tak terkendali, pilot itu disebut seperti tak sadar betapa dekat jarak mereka.

“Dalam jarak 10 kaki dari pesawat Amerika B-52, sehingga menempatkan kedua pesawat dalam bahaya tabrakan,” lanjut keterangan tersebut.

Terpisah, Ely Ratner seorang pejabat tinggi Pentagon yang bertanggung jawab atas keamanan Indo Pasifik mengatakan, kejadian seperti ini semakin sering terjadi dalam dua tahun terakhir di wilayah Laut China Timur dan Laut China Selata.

Dimana para pilot jet tempur China menunjukkan perilaku beresiko terhadap pesawat Amerika. Ia mencatat, sejak tahun 2021 telah 180 insiden serupa telah terjadi.

Atas beredarnya video jet tempur China pepet pesawat bom Amerika jarak super dekat ini, berbagai komentar pun muncul.

Di kolom komentar akun Instagram CNN, beragam pendapat muncul. Netizen merasa heran, kenapa itu harus dipermasalahkan karena pesawat bom Amerika yang datang ke Laut China Selatan. “Apa yang dilakukan pesawat Amerika di Laut ‘China’ Selatan,” ujar akun @amazepat dengan emot tertawa.

Netizen lain juga bertanya. “mengapa pengebom AS begitu dekat dengan China? Apakah ada pengebom China yang begitu dekat dengan AS,” ujar akun @miss_mia_muaaa.

Sementara netizen lain memuji sikap Pilot China. Menurut mereka sudah benar jet temput China yang mengusir pesawat AS. “Good Job China!,” ujar akun @erum.ghaffar.

Hubungan China Amerika Tegang

Hubungan militer China dan Amerika memang semakin tegang dalam beberapa waktu terakhir, pemimpin China juga semakin berang dan memutus komunikasi pasca Ketua DPR Amerika, Nancy Pelosi mengunjungi Taiwan tahun lalu.
 
Di sisi lain, Amerika juga semakin waspada dengan kemajuan China dari berbagai sektor, termasuk militer.

Jumlah pasukan militer China kini telah lebih 1 Juta tentara, China juga memiliki Angkatan laut terbesar di dunia dan Angkatan Udara China juga menjadi yang terbesar.

China memang mengandalkan power militer dalam menunjukkan ke dunia atas kedaulatannya mereka di Laut China Selatan dan sekitarnya, termasuk di Taiwan. (*)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: