Asian Para Games 2022 Hangzhou, Indonesia Rayakan Keragaman Budaya dalam Parade Pembukaan

Asian Para Games 2022 Hangzhou, Indonesia Rayakan Keragaman Budaya dalam Parade Pembukaan

Asian Para Games 2022 Hangzhou, Indonesia Rayakan Keragaman Budaya dalam Parade Pembukaan--

HANGZHOU, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Asian Para Games 2022 HANGZHOU resmi dibuka dengan meriah di HANGZHOU Olympic Sports Centre Stadium, HANGZHOU, China pada Minggu malam, 22 Oktober 2023.

Acara pembukaan yang menghadirkan animasi teknologi canggih memukau penonton dengan gabungan kesenian tradisional dan tata lampu yang memikat. Setiap negara peserta juga memukau dalam sesi parade atlet. K

ontingen Indonesia tampil menarik dengan mengenakan busana adat yang merefleksikan keragaman budaya Indonesia. Kontingen Merah-Putih berada di urutan kesembilan dalam parade kontingen, setelah India. Pembawa bendera, Riadi Saputra, dan Dwiska Maharani, tampil gagah dengan pakaian adat Kalimantan dan Sumatera masing-masing.

Chef de Mission (CdM) Indonesia untuk Asian Para Games 2022 Hangzhou, Angela Tanoesoedibjo, serta Deputi CdM, Andi Herman, juga berada dalam barisan kontingen Indonesia. Para atlet Indonesia yang menggunakan kursi roda berada di barisan ketiga. Pada parade pembukaan, para atlet Indonesia mengenakan beragam busana adat dari berbagai daerah di Indonesia. Busana adat untuk wanita berasal dari Lampung, Palembang, dan Bali, sementara pria mengenakan pakaian adat dari Kalimantan, Nusa Tenggara Timur, dan Aceh.

Motif mega mendung menjadi tema utama seragam jaket Kontingen Indonesia yang bernuansa merah dan putih. Empat motif mega mendung di bagian dada kanan memiliki makna 'Saka Guru', yang menjadi penyangga harapan para atlet agar tetap tegar. Motif mega mendung di dada sebelah kiri bertujuan sebagai pendingin agar para atlet selalu berpikiran sehat. Selain itu, motif songket Sumatera dengan benang perak motif bintang berantai terdapat pada bagian lengan. Motif ini mencerminkan kesatuan bintang-bintang yang menggambarkan kemenangan atau kemajuan yang pesat. Pesan ini menginspirasi para atlet untuk bertekad kuat dan meraih kemenangan.

Di bagian punggung jaket, terdapat gambar peta Indonesia yang mencerminkan luasnya wilayah dan keragaman budaya yang ada di negara ini. Semua ini menggambarkan keragaman budaya Indonesia yang tetap dalam satu kesatuan. Indonesia mengirimkan 130 atlet dalam Asian Para Games 2022 Hangzhou, yang akan bersaing di 12 cabang olahraga. Skuad Indonesia bertekad mencapai peringkat 10 besar dengan target membawa pulang 19 medali emas, 23 medali perak, dan 25 medali perunggu.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: