PTPN VI Serahkan Bantuan Untuk Kelompok Tani Makmur Desa Air Batumbuek-Sumbar

PTPN VI Serahkan Bantuan Untuk Kelompok Tani Makmur Desa Air Batumbuek-Sumbar

PTPN VI Serahkan Bantuan Untuk Kelompok Tani Makmur Desa Air Batumbuek-Sumbar--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Sebagai bentuk Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) di sekitar areal usahanya PTPN VI unit usaha Danau Kembar, Sumatera Barat (Sumbar) serahkan bantuan kepada Kelompok Tani (KT) Makmur desa Air Batumbuek kecamatan Jurong, Sumbar.

Bantuan bahan-bahan kimia berupa pupuk dan obatan senilai Rp 30 juta itu, diserahkan langsung oleh Manager Danau Kembar, Sugeng Widodo dan Asisten Plasma Zulhijwan N Sembiring, serta Asisten Personalia Kebun Ikhlasul Amal kepada Ketua Kelompok Tani (KT) Makmur, Agus Suparman, Sabtu (7/10/2023).

 "Terima kasih PTPN VI unit Danau Kembar, yang telah memberikan bantuan bahan kimia ini, Bantuan ini sangat kami butuhkan untuk kebun teh kami,"kata Agus Suparman, Ketua Kelompok Tani Makmur saat menerima bantuan.

Menurut Agus, saat ini kelompok tani mereka beranggotakan 11 orang, dengan luasan lahan 15 hektar dan merupakan mitra plasma binaan PTPN VI unit Danau Kembar. Lahan kelompok tani ini, ditanami tanaman holtikultura dan Perkebunan teh.

"Kami ini ada  11 orang yang mengelola kebun teh perani. Bertemu dengan Manager melalui Asisten Plasma PTPN VI sharing tentang kebun. Alhamdulillah, ditanggapi dan langsung dibantu sesuai dengan kebutuhan kami. Bantuan ini sangat berarti untuk perawatan dan pertumbuhan kebun kami,"kata Agus Suparman.

Manager PTPN VI unit usaha Danau Kembar, Sugeng Widodo mengaku bahwa kelompok tani Makmur merupakan mitra binaan PTPN VI dalam bentuk plasma. Kemitraan dengan kelompok tani ini telah berlangsung belasan tahun, dimana lokasi perkebunan mereka berada di sektor C PTPN VI unit usaha Danau Kembar..

"Mereka ini mitra kita, mitra plasma kita dengan kelompok tani. Mulai mereka menggarap lahan, bibit, pupuk, obatan hingga penjualan hasil kebun mereka selalu kami bina dan awasi. Jadi wajar saja bantuan ini untuk sesama mitra. Hasil kebun teh mereka juga kita yang beli," kata Manager Danau Kembar, Sugeng Widodo.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: