Hutan di Gunung Lawu Kembali Terbakar

Hutan di Gunung Lawu Kembali Terbakar

Kawasan hutan di Gunung Lawu kembali terbakar- Sumber : Instagram @explorejogorogo-

JOGOROGO, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Kebakaran hebat melanda hutan lindung di Lereng Gunung Lawu, Jumat (29/09).

Berdasarkan  informasi yang diunggah oleh akun Instagram @explorejogorogo. Lokai kebakaran terjadi di RPH Manyul Girimulyo, Jogorogo, Ngawi, Jawa Timur. 

Asap dari kebakaran yang terjadi tanggal 29 September 2023 di RPH Manyul tersebut terlihat jelas di Kecamatan Barat Magetan, akibat dari angin kencang yang mempercepat penyebaran api.

Sebelumnya, kebakaran Lereng Gunung  Lawu pertama kali terdeteksi pada Jumat, 1 September 2023.

Satu minggu setelah kebakaran pertama pada 8 September 2023, kebakaran serupa terjadi kembali di RPH Manyul telah merusak sekitar 8 hektar hutan di daerah Gunung Lawu.

Dikutip dari website Humas Polda Jatim, kebakaran Lereng Gunung  Lawu terjadi setelah warga setempat melaporkan saat mereka mencari rumput untuk memberi makan ternak.

Pada tanggal 24 September 2023, laporan dari Divisi Humas Polda Jatim mengungkapkan bahwa hutan Gunung Lawu terbakar di RPH Manyul, Jogorogo kembali terbakar lagi dan telah berhasil dipadamkan oleh sejumlah petugas dari gabungan tim TNI Polri, BPBD, dan masyarakat sekitar. 

Namun, Api kembali muncul tepatnya pukul 19.00 WIB di RPH Manyul pada tanggal 29 September 2023.Berbeda dari sebelumnya, kebakaran kali ini cukup besar dan menciptakan pemandangan langit yang menyala berwarna merah di sekitar Gunung Lawu. 

Angin yang bertiup dari arah Selatan ke Utara menciptakan kondisi yang mempengaruhi pergerakan api. Di situasi ini, laju api menjadi terhambat di sebelah Selatan karena arah angin yang menolaknya ke arah yang sama.

Asap dari kebakaran Lereng Gunung Lawu di RPH Manyul  terlihat hingga Kabupaten Magetan. 

Personel gabungan dari TNI-Polri dan BPBD Ngawi bekerja sama dalam upaya pemadaman kebakaran hutan Gunung Lawu menggunakan ilaran untuk mengendalikan pergerakan api dan meminimalkan kerusakan yang ditimbulkan oleh kebakaran tersebut.

Sementara itu, informasi dari akun twitter @Jateng_Twit di Sabtu Sore (30/09/2023), Gunung Lawu masih terus dilanda kebakaran. Kondisi ini menunjukkan bahwa upaya pemadaman yang dilakukan oleh tim gabungan belum sepenuhnya berhasil mengatasi kobaran api.

Pemantauan terus dilakukan oleh BPPD Ngawi untuk memahami perkembangan situasi dan merencanakan tindakan yang tepat. Keberlanjutan upaya pemadaman dan kewaspadaan tinggi dari masyarakat menjadi kunci dalam menghadapi situasi ini. 

Tim penanganan bencana dan pemadam kebakaran berupaya secara hati-hati dan teliti untuk menjaga agar api tidak merambah masuk ke wilayah hutan produksi karena dekat dengan pemukiman warga. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: