Nama-nama Finalis Jambi Ekspres Science Olympiad Goes to Singapore 2023 Tingkat Provinsi Jambi Periode Pertama

Nama-nama Finalis Jambi Ekspres Science Olympiad Goes to Singapore 2023 Tingkat Provinsi Jambi Periode Pertama

Dihelat kembali program Jambi Ekspres Science Olympiad Goes to Singapore. -Foto: Istimewa-

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID – JAMBI Ekspres akhirnya mengumumkan nama-nama pemenang Juara 1,2 dan 3 JAMBI Ekspres Science Olympiad Goes to Singapore 2023 tingkat kabupaten dan kota di Provinsi JAMBI.

Artinya, para juara ini akan menjadi finalis JAMBI Ekspres Science Olympiad Goes to Singapore 2023 Tingkat Provinsi JAMBI.

Pengumuman ini merupakan hasil lomba yang sudah digelar JAMBI Ekspres di 6 kabupaten dan kota di Provinsi JAMBI, bekerjasama dengan FKIP Science Education Student Association Universitas JAMBI.

Periode pertama ini yaitu Kota JAMBI, Kabupaten Bungo, Kabupaten Muaro JAMBI, Kabupaten Batanghari, Kabupaten Tanjab Barat dan Kabupaten tanjab Timur.

Jambi Ekspres saat ini juga tengah persiapan melaksanakan roadshow Jambi Ekspres Science Olympiad Goes to Singapore Periode Kedua di kabupaten lainnya, yaitu Kabupaten Tebo, Merangin, Sarolangun, Sungai Penuh dan Kerinci.

Pemenang Kabupaten dan kota ini secara otomatis berhak melaju ke ke Tingkat Provinsi Jambi untuk memperebutkan hadiah edukasi tour ke Singapura.

Ketua Panitia Jambi Ekspres Science Olympiad Goes to Singapore 2023, Bertha Ayu Manurung mengatakan, pemenang juara 1 untuk masing-masing mata pelajaran di tingkat Provinsi Jambi nantinya berhak atas hadiah edukasi tour ke Singapura.

Dalam rencana, seperti tahun yang sudah, keberangkatan peserta dan penyerahan medali tingkat provinsi akan dilakukan langsung oleh Gubernur Jambi.

Diantaranya ada 4 pelajar SMA masing-masing juara 1 tingkat provinsi mata pelajaran Matematika, Fisika, Biologi dan Kimia, dan 3 siswa SMP masing-masing juara 1 tingkat provinsi mata pelajaran Matematika, Biologi dan Fisika.

Hanya saja, hadiah juara utama ke Singapura kata Ayu sebenarnya adalah sebuah bonus bagi pelajar yang memperoleh skor nilai tertinggi.

“Karena sebenarnya, mengikuti semua proses dari awal, hingga akhir nanti, itu tentu jauh lebih berharga, penting untuk mengasah mental kompetisi dan juga menambah pengalaman peserta,” ujar Ayu.

Oleh karena itu, ia menghimbau semua peserta yang lolos ini bisa mempersiapkan diri mengikuti lomba hingga akhir nanti.

“Karena secara prinsip, mereka ini sebenarnya telah jadi pemenang, juara 1 2 3 di kabupaten dan kota masing-masing, dan kita menghormati para juara ini dengan mencoba adu kembali kemampuan di jenjang yang lebih tinggi.” Lanjutnya.

Kompetisi tingkat provinsi rencana akan dilaksanakan Desember 2023, atau bisa berubah menyesuaikan jadwal kalender Pendidikan di Provinsi Jambi. “Tujuannya agar tidak bentrok dengan ujian sekolah,” lanjutnya.

Jika telah berkompetisi di tingkat provinsi, artinya penilaian akan kembali dimulai dari nol. Yang mungkin merasa kurang puas dengan skor sekarang, bisa belajar lagi untuk nanti, sebaliknya, yang skornya saat ini sudah baik, jangan lengah tetap terus belajar.

“Ini merupakan tahun ke 5 Jambi Ekspres Science Olympiad Goes to Singapore, pengalaman yang sudah-sudah, pernah juga saat di tingkat kota kabupaten skornya tidak terlalu tinggi, saat di tingkat provinsi dia mencetak prestasi, jadi segala sesuatu masih bisa diubah oleh masing-masing peserta,” lanjut Ayu lagi.

Ayu berharap, bagi yang tahun ini belum menang di tingkat kabupaten/kota, bisa ikut kembali tahun di depan. (dpc)

Pengumuman Juara 1,2 dan 3 Tingkat Kabupaten dan Kota & Finalis Tingkat Provinsi Jambi
Cek Link Berikut: JAMBI EKSPRES SCIENCE OLYMPIAD GOES TO SINGAPORE 2023




Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: