Dramatis! Evakuasi Ular Sanca 3 Meter Masuk Ke Pemukiman Warga Oleh Damkartan Kota Jambi

Dramatis! Evakuasi Ular Sanca 3 Meter Masuk Ke Pemukiman Warga Oleh Damkartan Kota Jambi

DIEVAKUASI: Petugas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkartan) Kota Jambi, Rabu (20/9) evakuasi ular sanca di pemukiman warga.--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Dramatis! Seekor ular sanca yang masuk ke pemukiman warga, dievakuasi petugas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkartan) Kota Jambi, Rabu (20/9).

Kadis Damkartan Kota Jambi, Mustari Affandi mengatakan, pihaknya mendapatkan laporan keberadaan ular yang masuk ke pemukiman warga pagi sekitar pukul 06.15 WIB.

“Pukul 06.28 WIB petugas kita sudah di lokasi untuk melakukan evakuasi,” katanya.

Seekor ular sanca sepanjang 3 meter dan berat sekitar 15 kg itu berada di bawah kandang ayam milik warga yang beralamat di Jalan Abdurahman Saleh, Lorong Garuda 5, No 45, RT 37, Kelurahan Paal Merah, Kecamatan Paal Merah, Kota Jambi.

Ular tersebut berhasil ditangkap personel Damkar dalam waktu lima menit, dan langsung dibawa ke Posyankar Paal Merah.

“Sebelum ditaklukan ular tersebut sempat memangsa satu ekor ayam milik warga,” ujarnya.

Damkar Kota Jambi menurunkan 3 personel dari regu tiga Paal Merah untuk mengevakuasi. Saat proses penangkapan menggunakan stik crab dan hook.

Mustari menjelaskan, ular tersebut tidak berbisa. Namun sangat berbahaya apabila digigit. Dia Selalu mencari tempat yang lembab dan dapat memasuki rumah untuk mencari mangsa.

“Evakuasi berjalan dengan aman dan lancar, selanjutnya ular dibawa ke Posyankar Paal Merah,” pungkasnya.

Sebelumnya, Mustari menjelaskan, untuk masyarakat Kota Jambi yang hendak melakukan laporan, baik laporan kebakaran maupun penyelamatan dapat menghubungi call center 112.

“Kalau mau melapor silakan melapor ke call center 112 gratis dan 24 jam. Jam berapa pun ditelepon akan dilayani,” terangnya.

Lebih lanjut Ia menjelaskan, untuk penanganan dilakukan proses secepatnya dari saat laporan masuk ke pihaknya sesuai dengan jenis laporan.

“Tergantung jenis laporan, kalau sifatnya kebakaran 10 sampai dengan 15 menit kita sudah di lokasi. Dan Alhamdulillah kita kejar rata-rata masih di bawah 10 menit,” jelasnya.

“Kalau untuk hewan buas seperti ular itu segera. Yang penting lokasi titiknya sudah diketahui, kalau untuk lebah biasanya kita kerjakan malam karena kalau kita kerjakan siang membahayakan bagi orang lewat ataupun tetangga sekitar. Karena lebah kalau diusir pasti menyerang,” pungkasnya. (hfz)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: