Semarak Kenduri Swarnabumi, Museum Siginjai Selenggarakan Pameran Koleksi Etnografi

Semarak Kenduri Swarnabumi, Museum Siginjai Selenggarakan Pameran Koleksi Etnografi

Semarak Kenduri Swarnabumi, Museum Siginjai Selenggarakan Pameran Koleksi Etnografi --

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Museum Siginjei melaksanakan kegiatan Pameran Koleksi Etnografi, dalam rangka Kenduri Swarnabumi yang berlangsung dari tanggal 18 - 23 September 2023.

Kegiatan yang mengusung tema "Pelestarian Warisan Budaya Berkelanjutan" dibuka langsung oleh Gubernur Jambi, Al Haris pada Senin (18/9/2023) di halaman depan Museum Siginjei.

Dihadiri oleh Forkompinda, kepala OPD terkait dilingkup Pemprov Jambi, hingga Tokoh Adat, acara juga dilanjutkan dengan prosesi adat yaitu menginjak kepala kerbau, sebagai simbol dimulai kegiatan Kenduri Swarnabumi.

Gubernur Jambi, Al Haris mengatakan, kegiatan pameran dalam rangka Kenduri Swarnabumi ini adalah acara untuk melihat koleksi yang ada di Museum Siginjei. Tujuannya agar bagaimana koleksi dari masa ke masa yang ada di Museum Siginjei dapat diketahui oleh generasi muda, apalagi Provinsi Jambi kaya akan khasanah sejarah yang dibuktikan dengan fakta-fakta sejarah yang ada di museum. "Banyak koleksi yang yanh tersimpan, baik itu dari adat ataupun budaya Jambi yang tersedia banyak di Museum.

Melalui Kenduri Swarnabumi ini ditujukan agar masyarakat Jambi kembali melihat sejarah peradaban, dan menjadi ajang untuk kilas balik sejarah budaya di Jambi," katanya.

Sementara itu, Kadisbudpar Provinsi Jambi, Imron Rosyadi menambahkan, Pameran Etnografi ini  diselenggarakan dalam rangka mewujudkan salah satu fungsi museum siginjei Jambi sebagai lembaga yang menyajikan informasi sejarah dan budaya. Melalui pameran benda-benda yang disimpan di museum, dapat dikomunikasikan dan diinfo

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: