KUR BRI Cairkan Dana Rp25 Juta untuk TKI di 7 Negara Ini

KUR BRI Cairkan Dana Rp25 Juta untuk TKI di 7 Negara Ini

Para TKI kini bisa dapat dana Rp25 Juta melalui program KUR BRI khusus untuk TKI. Foto saat Menko Perekonomian Airlangga Hartarto saat Pelepasan Pekerja Migran Indonesia Program G to G Korea Selatan beberapa waktu lalu.-Dok ekon.go.id-

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID - BRI punya program untuk perantau Indonesia melalui program KUR BRI TKI (Tenaga Kerja Indonesia).

KUR BRI TKI ini bisa mencairkan dana hingga Rp25 Juta untuk individu yang mencari nafkah khususnya ke luar negeri.

perantau yang seperti apa yang bisa dapat program KUR BRI TKI ini? Ternyata untuk mereka yang akan merantau ke 7 negara yang telah ditentukan dalam syarat-syarat KUR BRI TKI.

Negara tersebut adalah negara-negara yang masih berada di Asia.

Diantara negara Singapura, Hong Kong, Taiwan, Brunei, Jepang, Korea Selatan, dan Malaysia.

Kok bisa ya KUR BRI menyasar untuk TKI? Ternyata pemerintah memiliki alasannya sendiri.

Mengutip dari laman resmi Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI), disebutkan jumlah pekerja Migran RI saat ini telah menembus 4,4 juta orang.

“Pekerja Migran Indonesia sudah selayaknya kita sebut sebagai pahlawan, karena terbukti memang sumbangsih mereka dalam bentuk devisa negara sangatlah besar, yakni sebesar 159,7 triliun per tahun,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat Launching dan Sosialisasi Skema Baru KUR Penempatan Bagi Pekerja Migran Indonesia, beberapa waktu lalu.

Hadirnya program KUR BRI TKI ini merupakan salah satu wujud penghargaan pula untuk pahlawan devisa negara itu.

“Kontribusi PMI 7 persen dari nilai APBN, sudah selayaknya negara menghadirkan keberpihakan secara nyata kepada Bagi Pekerja Migran Indonesia melalui berbagai kebijakan dan skema yang memudahkan.

Salah satunya adalah membantu dalam proses penempatan PMI melalui KUR Penempatan PMI,” lanjut Airlangga lagi.
 
Terkait dengan program KUR BRI untuk TKI ini, mengutip dari laman resmi BRI, tertulis bahwa pinjaman yang bisa dicairkan maksimal Rp25 Juta.

Akan terasa ringan karena angsurannya bisa dilakukan selama tiga tahun atau bisa pula berdasarkan kontrak kerja.

Menariknya lagi, pinjaman ini tanpa agunan, bebas biaya administrasi dan provisi, asal bisa memenuhi syarat yang telah ditentukan.

BACA JUGA:Jokowi Dapat ‘Fulus’ untuk Melanjutkan Proyek Tol Jambi-Betung

Syarat dan Ketentuan KUR TKI Bank BRI

1. Calon debitur merupakan seorang TKI perorangan atau individu yang akan berangkat bekerja merantau ke negara tujuan mereka.
2. Punya dokumen pribadi seperti KTP dan KK,
3. Punya surat perjanjian kerja dengan agency atau pengguna jasa serta perjanjian negara penempatan.
4. Punya paspor, visa, dan lainnya sesuai ketentuan KUR BRI TKI

Penting pula calon nasabah mengetahui hal berikut:

1. Pengajuan maksimal Rp 25 juta atau sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan pemerintah.
2. Suku bunga efektifnya per tahun 6%.
3. Akan bebas dari biaya administrasi dan provisi.
4. Maksimal durasi pinjaman sesuai dengan kontrak kerja atau maksimal 3 tahun.
5. KUR Ini hanya untuk mereka individu yang penempatan di Singapura, Hong Kong, Taiwan, Brunei, Jepang, Korea Selatan, dan Malaysia.

Berikut Cara Mengajukan KUR BRI 2023 Online dan Offline

Jika ingin mengajukan KUR BRI 2023 bisa dilakukan melalui online dan offline.

Melalui online bisa membuka situs resmi kur.bri.co.id, sedangkan melalui offline bisa datang langsung ke Bank BRI terdekat.

Hanya jika, jika ingin proses pengajuan KUR bisa lebih jelas, dianjurkan untuk offline langsung ke kantor BRI terdekat dari tempat usaha anda.

Jika melalui kur.bri.co.id tinggal pilih menu "Ajukan Pinjaman". Siapkan email pribadi yang aktif, log in dengan email pribadi yang digunakan sehari-hari.

Jika telah log in, maka pilih menu "Daftar” lalu tinggal menunggu BRI melakukan verifikasi yang mana tanda verifikasi akan dikirim BRI melalui e-mail.

Lalu kembali ke menu awal situs, pilih "Ajukan Pinjaman KUR" lalu pilih "Saya adalah nasabah BRI" lalaua lanjut ke menu "Setuju dan Ajukan Pinjaman”.

Jika keluar perintah untuk ceklis, pilih "Im not a Robot". Jangan lupa isi informasi data pribadi dengan lengkap dan benar.

Nanti akan ada permintaan mengisi data usaha dan mengunggah dokumen perusahaan. Ikuti saja perintahnya.

Nanti akan mengarahkan anda masuk ke halaman pengajuan pinjaman, di sinilah nanti anda tinggal isi berapa nominal pengajuan dan berapa tenornya.

Kita juga bisa menghitung angsuran melalui menu yang ada, dan bisa melihat berapa angsuran yang akan dibayar

Jika semua telah diisi, tinggal Klik ajukan pinjaman. Jika memenuhi syarat, nanti akan muncul info apakah pinjaman telah disetujui atau tidak disetujui.

Offline Datang ke Kantor Bank BRI

Jika ingin langsung ke kantor, tinggal membawa syarat dokumen mulai dari KTP, Kartu Keluarga (KK), Akta nikah, NIB atau surat keterangan usaha dari kelurahan, RT, dan RW, serta NPWP.

BRI termasuk bank yang ditunjuk pemerintah untuk mengajukan KUR. BRI mendapatkan alokasi penyaluran KUR dari pemerintah sebesar Rp 270 triliun untuk tahun 2023.

Untuk siapa? Tentu saja untuk mereka yang memenuhi syarat-syarat di atas.

Sebenarnya pemerintah berjanji melalui Permenko Nomor 1 Tahun 2022 dan Perkemenko Nomor 2 Tahun 2022, dimana pemerintah telah memperbaiki dan menyederhanakan skema penyaluran KUR Penempatan Pekerja Migran Indonesia serta dengan bunga ringan dan wajar. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: