Perhatian! Jembatan Sungai Lilin Jalur Palembang-Jambi Ditutup 3 Bulan

Perhatian! Jembatan Sungai Lilin Jalur Palembang-Jambi Ditutup 3 Bulan

Salah satu jembatan Duplikasi di Jalintim Palembang - Jambi ditutup-Dok Harian Muba-

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Jembatan duplikasi yang ada di Pasar Sungai Lilin Kecamatan Sungai Lilin Musi Banyuasin akan tutup selama tiga bulan.

Jembatan ini biasanya digunakan kendaraan yang melintasi jalan lintas timur (jalintim) Jambi-Palembang dan sebaliknya.

Penutupan akan dimulai pada Rabu 13 September 2023 hingga 3 bulan ke depan.

Karena yang ditutup merupakan jembatan duplikasi, maka kendaraan yang lalu lalang akan tetap bisa melintasi jalintim melalui jembatan sebelahnya, hanya saja rawan terjadi kemacetan.

Dilansir dari Harian Muba,  Satlantas Polres Muba mengatakan pihaknya telah bersiap untuk mengantisipasi kemacetan lalu lintas di sekitar jembatan Sungai Lilin ini selama jembatan ditutup hingga tiga bulan ke depan.

"Memang nanti dengan hanya satu jembatan beroperasi akan rawan terjadi kemacetan, kami pun sudah bersiap untuk mengantisipasi hal ini," jelas Ka Poslantas Sukamaju Aipda Z Samosir SH.

Terpisah, Konsultan Supervisi Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Sumatera Selatan, Ir Ferizal mengungkapkan penutupan ini terkait adanya pengerjaan oprit jembatan.

Oprit jembatan adalah tanah atau timbunan atau urugan pada bagian belakang abutment guna menghindari penurunan struktur jembatan.

Ferizal mengatakan proyek ini masuk dalam paket preservasi jalan dan jembatan peninggalan – Sei Lilin - Betung.

"Mulai hari ini sampai rencana 3 bulan ke depan akan ada penutupan jembatan duplikasi sei lilin, karena ada pengerjaan oprit jembatan," jelasnya saat ditemui Harian Muba di lokasi jembatan.

Kata Ferizal, nantinya akan dipasang semacam busa atau foam sebagai salah satu material tumbunan, kondisi ini seperti yang dilakukan pada beberapa ruas tol trans sumatera.

"Pada tahun 2020 lalu pernah diperbaiki menambah agregat dan aspal tapi turun lagi, maka dari itu sekarang perbaikan dengan foam sebagai pengganti agregat," paparnya.

Akibat penutupan jembatan di jalur Trans Sumatera ini, diperkirakan akan membuat arus lalu lintas di sekitar ruas jalan lintas timur alias Jalintim Jambi-Palembang dan sebaliknya Palembang-Jambi, rawan macet.(*)





Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: