Dulu Beli Tanah Cuma 100 Juta Kini Diganti Tol Betung-Jambi Jadi 2 Miliar, Warga Muba Mendadak Kaya

Dulu Beli Tanah Cuma 100 Juta Kini Diganti Tol Betung-Jambi Jadi 2 Miliar, Warga Muba Mendadak Kaya

Tol Betung-Jambi di wilayah Bayung Lencir menguntungkan warga yang lahannya terdampak, mereka dapat ganti rugi dari ratusan hingga miliaran-Foto: Tangkap Layar Akun Lensa Youtuber-

MUBA, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Warga Musi Banyuasin (MUBA) banyak yang mendadak kaya raya sejak proyek tol Betung-Jambi membelah beberapa lahan milik mereka.

Salah satu warga Desa Sukajaya di MUBA bernama Harun Al Rasyid mengaku sekitar 20 tahun lalu ia membeli tanah dengan luas 1,3 Hektar dengan harga cuma Rp100 Juta.

Dan kini ia telah berhasil mengantongi uang senilai Rp2 Miliar hasil ganti untung tol Betung-Jambi yang telah dibayar oleh pemerintah akhir 2022 lalu.

Rasyid awalnya sempat tak percaya jika lahannya terdampak lahan tol Jambi-Betung, namun ketika diminta menyiapkan berkas, penlok dan mengikuti proses pengadaan akhirnya ia benar-benar menerima ganti miliaran rupiah.

Tanah itu sebelumnya adalah kebun karet yang dikelola Rasyid. Rejeki tak dapat dielak dan keberuntungan memang sedang berpihak kepada Rasyid.

Tak Hanya Rasyid, beberapa warga MUBA lainnya juga merasakan dampak yang sama. Mereka yang terdampak tol betung-Jambi ada yang mendapat ratusan juta hingga miliaran.

Sementara itu, Pj Bupati MUBA,  Apriyadi mengatakan, total angka pembayaran ganti untung lahan yang terdampak tol Betung-Jambi di MUBA mencapai Rp40,25 miliar.

Dana ini untuk membayar 159 bidang lahan seluas  63,42 hektare dengan 9,13 kilometer di wilayah Bayung Lencir.

Lanjut Apriyadi, lahan yang telah diganti di Kecamatan Bayung Lencir ini tersebar di 7 Desa yaitu  Desa Kaliberau, Desa Mendis, Desa Mendis Jaya, Desa Wonorejo, Desa Senawar Jaya, Desa Mekar Jaya. “Prosesnya langsung ditangani KJPP dan dikaji BPN MUBA,” jelas Apriyadi lagi.

Adapun proses pembayaran itu katanya adalah bagian dari proses percepatan proyek Jalan tol Trans Sumatra (JTTS) di MUBA khususnya untuk ruas Betung-Jambi.

Berjalan lancarnya proses ganti untung ini juga merupakan hasil kerja keras semua pihak sehingga memberi rasa keadilan juga bagi masyarakat.

Kepala Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) Sumsel, Budiamin ikut berterimakasih dan memberi apresiasi untuk Pemkab MUBA yang telah mendukung proses pembebasan lahan untuk ruas tol yang melalui MUBA yaitu di ruas Betung (Sp.Sekayu) – Tempino – Jambi.

BACA JUGA:Data 27 Desa di Muba yang Warganya Kaya Gegara Teriris Tol Betung-Jambi, Khusus Bayung Rp40,25 miliar

Jika dirinci keseluruhan lahan yang terdampak Tol Betung-Jambi di kabupaten Muba, tersebar di 27 desa 6 kecamatan di Kabupaten Muba, dengan total panjang 131,77 Kilometer.

Khusus tahap awal, warga Bayung Lencir telah menerima uang ganti untung lahannya duluan.

Data 6 Kecamatan dan 27 Desa Terdampak Tol Betung - Jambi.

1. Kecamatan Lais
Desa Lais Utara

2. Kecamatan Babat Supat  
Desa Gajah Mati
Desa Tanjung Kerang
Desa Babat Bayuasin
Desa Seratus Lapan
Desa Supat Timur
Desa Supat

3. Kecamatan Keluang
Desa Tenggaro
Desa Mulyo Asih
Desa Karya Maju
Desa Mekar Jaya
Desa Sridamai
Desa Tanjung Dalam
Desa Dawas

4. Kecamatan Sungai Lilin
Desa Berlian Makmur
Desa Bukit Jaya

5. Kecamatan Tungkal Jaya
Desa Peninggalan
Desa Pangkalan Tungkal
Desa Berlian Jaya
Desa Sinar Tungkal

6. Kecamatan Bayung Lencir
Desa Kaliberau
Desa Mendis
Desa Mendis Jaya
Desa Wonorejo
Desa Senawar Jaya
Desa Mekar Jaya
Desa Sukajaya.  (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: