Antisipasi Karhutla, Minamas Plantation Gelar Sosialisasi dan Pelatihan Karhutla Bersama Masyarakat di Jambi

 Antisipasi Karhutla, Minamas Plantation Gelar Sosialisasi dan Pelatihan Karhutla Bersama Masyarakat di Jambi

Antisipasi Karhutla, Minamas Plantation Gelar Sosialisasi dan Pelatihan Karhutla Bersama Masyarakat di Jambi--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID- -Dalam  rangka meningkatkan kesiapan dan kesadaran untuk peduli  lingkungan khususnya  bahaya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Minamas Plantation melalui anak usahanya PT Bahari Gembira Ria (PT. BGR) kembali mengadakan pelatihan dan sosialisasi bahaya Karhutla bersama masyarakat di Desa Sumber Agung, Kecamatan Sungai Gelam. Kabupaten Muaro Jambi, Jambi Rabu (30/08).

Kegiatan ini bertujuan memberikan pembinaan serta pembekalan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan sekitar dan bahaya Karhutla khususnya di area gambut. Harapannya masyarakat  dapat menyebarluaskan semangat mencegah terjadinya kebakaran dan membantu pemadaman apabila terjadi Karhutla serta dapat menjalankan tata cara pelaporan ke satuan tugas (Satgas) jika Karhutla terjadi di sekitar lingkungannya.


Foto Bersama--

Regional CEO Minamas Plantation, Mohd. AmriBaharudin mengatakan, pihaknya berkomitmen dalam pencegahan karhutla melalui pelatihan dan sosialisasi kepada masyarakat. Mengingat masyarakat memegang peranan penting dalam pencegahan karhutla dan perlindungan lingkungan.

“Melibatkan masyarakat dalam membantu memitigasi Karhutla salah satu solusi internal di masyarakat untuk mengurangi dampak Karhutla, serta membiasakan masyarakat tanggap dan sigap terhadap bahaya Karhutla. Harapannya, melalui sosialisasi dan pelatihan secara berkala ini,  masyarakat, kelompok Tanipeduli api (KTPA) dan institusi lain di lapangan dapat bersinergi mencegah serta menangani karhutla,” katanya.

sosialisasi dan pelatihan penanggulangan karhutla dengan tema “Bersama Kita Bisa Mencegah Karhutla Mewujudakan Jambi Bebas Asap” ini melibatkan Kelompok Tani Peduli Api (KTPA) di sekitar areal perkebunan kelapa sawit, Pemerintahan desa Sumber Agung, Gambut Jaya, Trimulya jaya, Unsur Pimpinan Kecamatan Sungai Gelam dan Manggala Agni Daops IX Sumatera.

Musliadi - Camat Sungai Gelammenyambut baik dan mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh PT.BGR. Menurutnya sosialisasi dan pelatihan penanggulangan karhutla itu sangat penting untuk membangun dan meningkatkan sinergi antara perusahaan dan warga yang ada di sekitar lokasi perkebunan.

"Kami Berharap  kegaiatan seperti ini serta program CSR yang dilakukan dapat terus melibatkan masyarakat sekitar perusahaan dan dilakukan secara berkelanjutan. Kegiatan ini juga menunjukkan kesiapan kita di Kecamatan Muaro Jambi dalam menghadapi dan mencegah kebakaran hutan dan lahan " ujarnya

Sementara itu, Kepala Daops Manggala Agni – Sandi Prabowomenyampaikan apresiasi atas sosialisasi dan pelatihan penanggulangan Karhutla di sekitar lokasi perkebunan kelapa sawit.

Menurut dia, dengan adanya kegiatan tersebut dapat meningkatkan sinergi dan rasa kepedulian dalam mencegah dan menanggulangi Karhutla.

"Persoalan Karhutla bukan semata-mata tanggungjawab pemerintah, tetapi tanggungjawab semua pihak termasuk kesadaran baik perusahaan maupun masyarakat, sehingga tidak terjadi Karhutla yang mengakibatkan kabut asap," ujarnya.

 

Kapolsek Sungai Gelam Iptu Deddy Wardana Gaos, SHyang diwakili Kanit Binmas yang juga hadir memberikan materi terkait aspek hukun mengungkapkan, melalui pelatihan ini dapat membangun kesadaran hukum dan pentingnya mengetahui tugas dan tanggungjawab masing-masing pihak dalam pencegahan Karhutla.

“Mari bersama-sama kita bersinergi menjaga agar tidak terjadi Karhutla dengan menjalankan tugas dan tanggungjawab kita masing-masing sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Mencegah lebih baik daripada memadamkan,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: