Antisipasi Karhutla, Minamas Plantation Gelar Sosialisasi dan Pelatihan Karhutla Bersama Masyarakat di Jambi

 Antisipasi Karhutla, Minamas Plantation Gelar Sosialisasi dan Pelatihan Karhutla Bersama Masyarakat di Jambi

Antisipasi Karhutla, Minamas Plantation Gelar Sosialisasi dan Pelatihan Karhutla Bersama Masyarakat di Jambi--

Kegiatan ditutup dengan latihan gabungan yang melibatkan regu pemadam kebaran PT Bahari Gembira Ria bersama Kelompok tani peduli api Desa Sumber Agung dan Gambut Jaya yang dikoordinir oleh Tim Manggala Agni Daops IX Sumatera.

Di bidang penanganan Karhutla, hingga saat ini Minamas Plantation terus memantau situasi yang berlangsung di seluruh lokasi perusahaan dengan seksama, pemantauan dilakukan setiap hari melalui sistem plantation location intelligent universal management (PLATINUM), menggunakan data-data dari satelit pada titik panas di peta area konsesi untuk mendeteksinya dengan cepat. Seluruh titik api yang terdeteksi akan segera dilaporkan kepada  pihak berwenang dan prosedur yang sama juga diterapkan dalam standar operasional perusahaan.

Sedangkan di bidang pencegahan, Minamas Plantation memiliki program pendekatan masyarakat melalui program desa mandiri cegah api (DMCA) yang dibentuk sejak Tahun 2014 dan bekerjasama dengan Universitas Riau, Universitas Lambung Mangkurat, Universitas Jambi dan Universitas Sriwijaya, Universitas Palangka Raya dan Universitas Tanjungpura. Program ini dilaksanakan di setiap desa-desa sekitar operasional perusahaan, saat ini sudah mencapai 34 desa atau mencakup total area desa binaan seluas 161 ribu hektare. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: