Pantau QR Code di SPBU, BPH Miigas Sidak Distribusi BBM di Solo

Pantau QR Code di SPBU, BPH Miigas Sidak Distribusi BBM di Solo

Pantau QR Code di SPBU, BPH Miigas Sidak Distribusi BBM di Solo--

SOLO, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) sangat konsen terhadap distribusi BBM khususnya yang bersubsidi.

Terbaru, BPH Migas melakukan sidak di Solo, Jawa Tengah Jumat (18/8) untuk melihat langsung soal distribusi sekaligus memastikan penyedian BBM tidak ada kendala.

Dalam sidak kali ini Kepala BPH Migas Erika Retnowati terjun langsung ke lapangan bersama anggota BPH Migas Iwan Prasetya Adhi.

Dalam sidak kali ini turut hadir Executive General Manager (EGM) Pertamina Patra Niaga Jawa Bagian Tengah Aji Anom Purwasakti.

“Kita juga memantau penggunaan QR Code itu apakah menghambat di lapangan, dan nyatanya tidak. Lancar dan aman. Itu juga untuk memastikan bahwa mereka yang menggunakan BBM bersubsidi memang adalah konsumen pengguna,” terangnya.

Lebih lanjut, Erika menyampaikan bagaimana SPBU harus patuh pada regulasi yang telah ditetapkan dan tertib administrasi.

“Kemudian, peralatannya seperti apa. Kita mewajibkan SPBU itu mempunyai CCTV yang bisa merekam 30 hari. Itu termasuk salah satu yang kita cek,” jelasnya.

Senada dengan Erika, di SPBU 4457115 Jalan Kolonel Sugiyono Kecamatan Banjarsari, Solo, Iwan Prasetya Adhi menjelaskan tujuan pemantauan ini. Yang pertama adalah memastikan distribusi, khususnya BBM bersubsidi, apakah kondisinya cukup dan lancar dalam mendistribusikannya kepada masyarakat.

“Kedua, untuk melihat sejauh mana ketaatan masyarakat, khususnya konsumen pengguna BBM subsidi dalam menyiapkan QR Code untuk membeli BBM Jenis BBM Tertentu (JBT), yaitu solar,” jelas Iwan.

Kemudian yang ketiga, untuk melihat proses administrasi dari penyalur atau SPBU yang menyalurkan BBM subsidi. “Bagaimana mereka menyiapkan persyaratan administrasi dan teknis, dalam rangka pengendalian dan pengawasan. Supaya subsidi ini memang betul-betul bisa tepat sasaran,” pungkas Iwan.

Sementara itu, Aji Anom menyampaikan rasa terhormat dapat dikunjungi Kepala dan Anggota Komite BPH Migas di wilayah kerjanya. Menurutnya, masukan dan saran yang disampaikan BPH Migas menjadi pekerjaan rumah yang harus diselesaikan untuk perbaikan kinerja. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: