Tol Probowangi Selesai, Warga Solo Ngga Perlu Beli Tiket Mahal untuk Makan Malam di Jimbaran-Bali
Pesona Keindahan Bali-Sumber : Kemenparekraf-
7. Tol Pasuruan - Probolinggo : 31, 30 km
Update Tol Probowangi
Pembangunan Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi terbagi menjadi dua tahap pembangunan yaitu Tahap I, menghubungkan Probolinggo hingga Besuki sepanjang 49,68 Km dengan total anggaran Rp 10,8 triliun
Kemudian Tahap II, menghubungkan Besuki hingga Banyuwangi sepanjang 125,72 Km
Hingga pertengahan Juli 2023, progres pembebasan lahan untuk Paket 1 Gending hingga Kraksaan (12,88 Km) adalah sebesar 92,57%.
Untuk paket 2 Kraksaan hingga Paiton (11,20 Km) sebesar 82,77%
Kemudian paket 3 Paiton hingga Besuki (25,60 Km) sebesar 84,44%.
BACA JUGA:Pengerjaan Simpang Susun Kraksaan di Tol Probowangi Dikebut, Tiang Pancang Mulai Dipasang
Pembangunan Tahap I Probolinggo-Besuki nantinya akan memiliki tiga Gerbang Tol (GT), yaitu GT Kraksaan, GT Paiton, dan GT Besuki.
Selain itu juga akan memiliki 3 buah simpang susun yaitu Simpang Susun (SS) Kraksaan, SS Paiton dan SS Besuki serta dilengkapi dengan 2 lokasi rest area yang terletak di Sta 33+65 di kedua arah, arah Probolinggo maupun arah Besuki.
Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi terbagi atas 7 Seksi yaitu Seksi 1 Probolinggo-Kraksaan (12,88 Km), Seksi 2 Kraksaan-Paiton (11,2 Km), Seksi 3 Paiton-Besuki (25,6 Km), Seksi 4 Besuki-Situbondo (42,3 Km), Seksi 5 Situbondo-Asembagus (16,76 Km), Seksi 6 Asembagus-Bajulmati (37,45 Km) dan Seksi 7 Bajulmati-Ketapang (29,21 Km).
Jalan tol ini merupakan salah satu proyek strategis nasional yang dikelola oleh PT JPB selaku Badan Usaha Jalan Tol yang kepemilikan sahamnya dimiliki oleh Jasa Marga sebesar 94,93%, PT Brantas Abipraya (Persero) sebesar 5,00% dan PT Waskita Toll Road sebesar 0,07%.
Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi Ruas Probolinggo-Besuki dapat memangkas waktu tempuh Probolinggo s.d Besuki yang semula sekitar 1 jam 15 menit menjadi 30 menit dengan kecepatan rata-rata 80-100 Km/jam.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: