>

Jalan Tol Selesai, Probolinggo-Besuki Hanya 30 Menit, Miliki 3 Gerbang Tol dan 3 Simpang Susun

Jalan Tol Selesai, Probolinggo-Besuki Hanya 30 Menit, Miliki 3 Gerbang Tol dan 3 Simpang Susun

Pembangunan jalan tol Probolinggo hingga keujung timur Pulau Jawa tepatnya Banyuwangi terus digeber.--

PROBOLINGGO, JAMBIEKSPRES.CO.ID-Pembangunan jalan tol Probolinggo-Banyuwangi ruas Probolinggo-Besuki sudah dimulai pembangunannya sejak Februari 2023 lalu.

Jalan tol Probolinggo-Besuki yang merupakan tahap I dari pembangunan jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi ini mempunyai panjang 49, 68 Km.

Hal ini sesuai dengan Permenko Perekonomian No. 9 Tahun 2022, pembebasan lahan dan pembangunan Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi difokuskan pada Ruas Probolinggo-Besuki dengan hak konsesi selama 50 tahun dan investasi sebesar Rp10,8 triliun. 

Untuk tahap keduanya antara  Besuki hingga Banyuwangi sepanjang 125,72 Km. 

Jika nantinya sudah jadi, jarak antara Probolinggo-Besuki langsung terpangkas cukup lumayan.

BACA JUGA:Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi Sepanjang 175,40 Km Merupakan Ruas Pamungkas Trans Jawa

BACA JUGA:Telan Anggaran 10,8 T, Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi Ruas Probolinggo-Besuki: Pembebasan Lahan 86,27 %

Jika sebelumnya dari Probolinggo hingga Besuki ditempuh dengan waktu 1 jam 15 menit, jika tol ini sudah selesai hanya 30 menit dengan kecepatan rata-rata 80-100 Km/jam.

Pembangunan Tahap I Probolinggo-Besuki nantinya akan memiliki tiga Gerbang Tol (GT), yaitu GT Kraksaan, GT Paiton, dan GT Besuki.

Selain itu juga akan memiliki 3 buah simpang susun yaitu Simpang Susun (SS) Kraksaan, SS Paiton dan SS Besuki serta dilengkapi dengan 2 lokasi rest area yang terletak di Sta 33+65 di kedua arah, arah Probolinggo maupun arah Besuki.

Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi dikelala oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui anak usahanya PT Jasamarga Probolinggo Banyuwangi (JPB) yang mengelola Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi.

BACA JUGA:Kalau Tol Probolinggo-Besuki Rampung, Warga Surabaya Bisa Healing ke Pantai Tempora 2 Jam Sampai No Macet

Direktur Utama PT JPB, Adi Prasetyanto, yang didampingi Pemimpin Proyek Paket 1 & 2, Eva Dayana, dan Pemimpin Proyek Paket 3, Reza Kazhimi,  dalam kunjungan kerja Komisaris dan Direksi Jasa Marga pada Sabtu (22/07) lalu, memaparkan pembangunan Tahap I ini terbagi atas 3 paket pekerjaan konstruksi.

Hingga pertengahan Juli 2023, progres pembebasan lahan untuk Paket 1 Gending s.d Kraksaan (12,88 Km) adalah sebesar 92,57%, Paket 2 Kraksaan s.d Paiton (11,20 Km) sebesar 82,77% dan Paket 3 Paiton s.d Besuki (25,60 Km) sebesar 84,44%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: