MPRJ Tanamkan Cinta Literasi Terhadap Anak Sejak Dini

MPRJ Tanamkan Cinta Literasi Terhadap Anak Sejak Dini

Peserta lomba Menempel, Menggambar dan Mewarnai Tingkat TK--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Museum Perjuangan Rakyat Jambi (MPRJ) sukses melaksanakan kegiatan lomba Bercerita Perjuangan Tingkat SD dan lomba Menempel, Menggambar dan Mewarnai Tingkat TK yang berlangsung selama dua hari, yaitu dari tanggal 27 – 28 Juni 2023. Kegiatan yang berlangsung di MPRJ ini merupakan rangkaian kegiatan HUT MPRJ yang ke-26 pada tahun 2023 ini.

Lomba Bercerita Perjuangan Tingkat SD se Kota Jambi ini diikuti sebanyak 100 orang pelajar dari puluhan sekolah setingkat SD di Kota Jambi. Demikian juga lomba Menempel, Menggambar dan Mewarnai Tingkat TK juga diikuti sebanyak 100 orang anak dari berbagai TK se Kota Jambi.


Dewan Juri yang melakukan penilaian lomba Bercerita Perjuangan Tingkat SD--

Kepala Museum Siginjei yang diwakili oleh Kasi Pengelolaan Koleksi, Mudzakir S.Pd menyebutkan, lomba Bercerita Perjuangan Tingkat SD dan lomba Menempel, Menggambar dan Mewarnai Tingkat TK dilaksanakan dengan diharapkan dapat menumbuhkan rasa cinta generasi muda pada museum. Melalui kegiatan seperti inilah peran museum dapat terlihat yaitu mengingatkan kembali dan menanamkan nilai kepahlawanan terhadap generasi muda dan anak-anak.


Peserta yang mengikuti lomba Bercerita Perjuangan Tingkat SD--

“Melalui sejumlah lomba yang dilaksanakan oleh museum diharapkan dapat menanamkan kesadaran sejarah sejak dini, agar memperkokoh jati diri generasi penerus bangsa. Sekaligus menjadi benteng dalam menghadapi arus globalisasi dengan menanamkan nilai-nilai kejuangan dan nasionalisme kepada generasi muda penerus bangsa,” katanya.

Memang dampak dampak dari kegiatan sejumlah lomba yang telah dilaksanakan tidak bisa serta merta dapat dirasakan dalam waktu dekat, karena menanamkan budaya literasi terhadap anak-anak adalah investasi jangka panjang. Menanamkan cinta literasi terhadap anak ini juga dalam rangka penguatan karakter bangsa kepada generasi muda. Dari lomba yang dilaksanakan dapat menjadi media penyebarluasan informasi kesejarahan dan penanaman nilai-nilai Nasionalisme serta Patriotisme pada siswa juga sebagai ajang para siswa berkreasi dan berkompetisi.


Para pemenang lomba Bercerita Perjuangan Tingkat SD foto bersama--

Terhadap pemenang lomba Bercerita Perjuangan Tingkat SD panitia memberikan piala dan piagam penghargaan serta uang pembinaan. Adapun pemenang dalam kegiatan lomba ini yaitu Juara 1 diraih oleh Winson Marcello Hutabarat dari SD Unggul Sakti, Juara 2 diraih oleh Fatimah Hadra Kamilia dari SDIT Nurul Ilmi dan Juara 3 diraih oleh Zakwan Alfatih dari SDN 47 Kota Jambi. Sedangkan Juara Harapan 1 diraih oleh Mutiara Ainun dari SD Excellent Mandiri School Kota Jambi, Juara Harapan 2 diraih oleh Alya Syarafana Nugroho dari SDIT Ahmad Dahlan Kota Jambi dan Juara Harapan 3 diraih oleh Audrey Lausicha G.M dari SD Xaverius 2 Kota Jambi.


Foto bersama para pemenang lomba Menempel, Menggambar dan Mewarnai Tingkat TK--

Pemenang untuk lomba Menempel, Menggambar dan Mewarnai Tingkat TK, Juara 1 diraih oleh Clarissa Fellicia dari TK Golden Kids Thehok, Juara 2 diraih oleh Fablius Willard dari TK Xaverius 2 dan Juara 3 diraih oleh Jeriko Kaisar Pineri dari TK Golden Kids Mayang. Sedangkan Juara Harapan 1 diraih oleh Kellyn Wynie Gracellin dari TK Xaverius 1, Juara Harapan 2 diraih Javanie Kimora dari TK unggul Sakti dan Juara Harapan 3 diraih oleh Esther Christabel Gween dari PAUD Suluh Kasih. (kar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: