Ondeh! Rupanya di Sini Lokasi Pintu Keluar Tol Padang-Sicincin Nembus Lintas, Ada Kuburan di Tengahnya

Ondeh! Rupanya di Sini Lokasi Pintu Keluar Tol Padang-Sicincin Nembus Lintas, Ada Kuburan di Tengahnya

Gerbang Tarok City sebagai salah satu jalur keluar dari Tol Padang-Sicincin --- Foto: Tangkap Layar Youtube Minang Yes-

SUMBAR, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Ondeh! rupanya di sini lokasi pintu keluar tol Padang-Sicincin yang ada di Sicincin Padang Pariaman Sumatera Barat (Sumbar) nembus ke jalan lintas Sumatera.

Dari arah Padang, konstruksi ruas  tol ini desainnya akan lurus memanjang. Berangkat dari Gerbang Tol Padang, nanti pengendara akan sampai di gerbang Tol Sicincin setelah menempuh perjalanan tak sampai 1 jam.

Nah saat sampai di Sicincin kita akan bertemu gerbang Tol Sicincin.

Pertanyaannya, jika telah sampai di Gerbang Tol Sicincin, kita akan keluar lewat mana supaya bisa melanjutkan perjalanan menuju jalan lintas Padang-Bukittinggi?

Ternyata, kita bisa melanjutkan perjalanan menuju sebuah pintu gerbang besar bernama Gerbang Kawasan Tarok City.
 
HKI akan menyiapkan infrastrukur jalan dari Gerbang Tol Sicincin menuju Gerbang Tarok City.

Lokasi Gerbang Tarok City berada tepat di pinggir jalan lintas Sumatera Padang-Bukittinggi.

“Tepatnya di Korong Tarok Nagari Kapalo Hilalang, Kecamatan 2 x11 Kayu Tanam,” ujar pemilik akun Youtube Minang Yes yang telah mengunjungi langsung lokasi Gerbang Tarok City.

Jika telah keluar dari Gerbang Tarok City, pengguna tol bisa melanjutkan perjalanan ke Bukittinggi via jalan lintas menuju utara, sementara bagi yang ingin kembali berbalik ke Padang via jalan lintas bisa lanjutkan perjalanan ke arah Selatan.  

Dan nanti dari Gerbang Tarok City ini pula, pengguna tol dari arah Bukittinggi yang hendak ke Padang via Tol Sicincin, akan masuk.

Menarik, menelusuri lokasi Gerbang Tarok City melalui video yang ditayangkan Youtube Minang Yes, ternyata di tengah pintu gerbang itu masih terdapat beberapa kuburan.

“Apakah akan dibongkar makam tersebut, kita juga kurang tahu pasti,” ujar admin Youtube Minang Yes.


Gerbang Tol Padang-Sicincin.

Kita telah membahas lokasi pintun keluar dari gerbang Tol Sicincin sebagai bagian dari proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) di Sumbar, bagaimana dengan gerbang Tol Padang?

Gerbang ruas Tol Padang-Pekanbaru ternyata berada tak jauh dari Bandara Minangkabau.
 
Mari kita intip lokasi gerbang tol ini, jika hendak menuju Gerbang Tol Padang-Pekanbaru dari Kota Padang, pengendara harus melewati dulu flyover di Nagari Duku Batang Anai. Jarak dari flyover ini ke Gerbang Tol Padang-Pekanbaru sekitar 1 kilometer.
 
Pintu Gerbang Tol Padang-Pekanbaru nanti akan berada di jalan bypass Kota Padang.
 
Sungguh rancak bana, saat berada tepat di depan gerbang tol, kita akan langsung disuguhkan dengan pemandangan perbukitan yang hijau.

Gerbang Tol Padang-Pekanbaru ini sekaligus menjadi titik awal pembangunan jalan tol seksi 1 Tol Padang-Sicincin.
Gerbang Padang-Pekanbaru akan jadi pintu masuk dan keluar pengendara yang datang dari arah Pekanbaru, Bangkinang, Pangkalan, Payakumbuh dan dari arah Bukittinggi dan Sicincin hingga sampai di Kota padang.

Tol Padang-Sicincin sendiri telah dibangun sejak 20 Desember 2018 lalu. Tol ini memiliki main road sepanjang 36 kilometer dan direncanakan memiliki 1 rest area.

Tol Padang-Sicincin hingga saat ini Konstruksinya terus dikebut pihak Hutama Karya selaku pengembang.

Mengutip dari keterangan Hutama Karya, berbagai tahapan pekerjaan terus dilakukan, mulai dari eletakan timbunan, pelapisan fondasi dasar base A, pelapisan rabat beton (Lean Concrete/LC), perkerasan kaku (rigid pavement), membangun struktur bawah jembatan hingga dan box traffic hingga pekerjaan akhirnya.
 
Jalan Tol Padang Sicincin ini menerapkan inovasi full displacement column yaitu metode perbaikan tanah lunak agar tidak perlu waktu tunggu untuk konsolidasi tanah eksisting.
 
Agar proyek jalan Tol Padang-Sicincin bisa selesai tepat mutu dan waktu, PT Hutama Karya (Persero) selaku pengembang akan menerapkan metode digitalisasi konstruksi.
 
Direktur Operasi III Koentjoro dalam keterangan resminya dikutip Jambi Ekspres, mengatakan bahwa implementasi digitalisasi konstruksi akan dilakukan pada perbaikan tanah lunak maupun perlindungan lereng galian dalam yang ada di sepanjang Tol Padang-Sicincin.
 
Tol Padang-Sicincin juga akan jadi jalan tol paling menarik karena menyuguhkan pesona perbukitan nan estetik.
 
Apalagi Hutama Karya mengusung konsep konstruksi berwawasan lingkungan untuk tol ini, salah satunya dengan melakukan penghijauan di sisi kiri dan kanan sepanjang jalan Tol Padang-Sicincin.
 
Pengerjaan Tol Padang-Sicincin juga akan terus digenjot. Hutama menargetkan Tol Padang-Sicincin ini akan selesai pada triwulan II tahun 2024 mendatang. (dpc)




 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: