PKM III di UIN STS Jambi Resmi Dibuka, 22 PTKIN se-Sumatera dan 9 PT Asia Tenggara Rebutkan Gelar Juara

 PKM III di UIN STS Jambi Resmi Dibuka, 22 PTKIN se-Sumatera dan 9 PT Asia Tenggara Rebutkan Gelar Juara

PKM ke-III UIN STS Jambi resmi di buka dengan pemukulan kompangan--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.IDUIN STS Jambi yang ditunjuk sebagai tuan rumah ajang Kompetisi Pekan Kreatifitas Mahasiswa (PKM) ke-III Perguruan Tinggi Islam Negeri (PTKIN) se-Sumatra dan Perguruan Tinggi Islam (PTI) Asia Tenggara telah mempersiapkan berbagai fasilitas yang terbaik. Hal ini terlihat dari semarak pembukaan PKM, Senin (24/7).

Berbeda dengan PKM sebelumnya, pada PKM yang dilaksanakan di UIN STS Jambi ini mengikut sertakan 9 PTI Asia Tenggara dengan 6 negara, yaitu Malaysia, Thailand, Singapura, Filipina, Kamboja Singapura dan Brunei Darussalam. Selain itu pastinya diikuti 22 PTKIN se-Sumatera.


Foto Bersama Rektor UIN STS Jambi dan Farum Rektor juga Wakil Rektor dan Wakil Ketua PTKIN se-Sumatra--

“PKM merupakan kompetisi mahasiswa wilayah Sumatera dalam bisang ilmiah, seni dan olahraga. Tetapi kali ini ada yang istimewa dengan keikutsertaan PTI Asia Tenggara. Sehingga gelaran kompetisi ini tidak hanya berskala regional tetapi telah merambah skala Internasional,” jelas Kepala Subdirektorat Sarpras dan Kemahasiswaan Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, Zulpan Syarif Supriadi Hasibuan, S.Ag. M.Pd., yang membuka seraca resmi PKM ke-III.


Kontingen UIN STS Jambi bersama Wakil Rektor UIN STS Jambi--

Dirinya juga sangat mengapresiasi terlaksananya ajang bergengsi PTKIN di UIN STS Jambi kali ini. Ini di harapkan menjadi salah satu cara untuk mempersiapkan atlet dalam menghadapi even nasional. Selain itu PKM juga menjadi wadah pembinaan prestasi, karakter, mental spritual dan akhlak diantara para peserta serta mengokohkan persaudaraan kebangsaan dan ke indonesiaan menuju Indonesia unggul 2045.


Foto bersama--

“Selamat berkompetisi bagi para peserta kontingen, selamat menjalankan amanah bagi para dewan hakim, dewan juri, dan wasit. Mari kita jaga integritas moralitas dan sportivitas bertanding. Selamat dan sukses”, pungkas Zulpan Syarif Supriadi Hasibuan, S.Ag. M.Pd.

PKM ke-III di UIN STS Jambi ini mengangkat tema, ‘Kembangkan Talent Mahasiswa, Junjung Sportivitas, Raih Prestasi dan Rekognisi’. Ada 33 cabang perlombaan yang digelar 20 Mei – 29 Juli 2023 secara hybrid baik daring dan luring yang terdiri dari 10 cabang lomba bidang ilmiah, 11 cabang lomba bidang seni dan 12 cabang lomba bidang olahraga dengan diikuti 1.530 peserta.


. Peresmian Bazar pada PKM ke-III UIN STS Jambi--

Pelaksanaan babak penyisihan pada cabang lomba ilmiah dan seni yang sudah dimulai sejak babak penyisihan pada 20 – 23 Mei 2023 secara virtual melalui zoom dalam bentuk pengiriman video dan pengiriman naskah. Sedangkan perlombaan lainnya akan dilaksanakan mulai 26-29 Juli 2023 di lima venue yang berbeda. Adapun lima venue yang digunakan selama penyelenggaraan PKM III yaitu Kampus I dan Kampus II UIN STS Jambi, GOR Kotabaru Jambi, Natasha Badminton Hall Simpang Rimbo dan Danau Sipin Kota Jambi.


PKM UIN STS Jambi di UIN STS Jambi--

“Selamat datang para kontingen peserta PKM III serta para tamu undangan yang hadir pada pembukaan PKM III di Kampus lokomotif perubahan, terdepan dan berwibawa. Ini satu kebanggan dan terobosan besar bagi UIN STS Jambi, dimana menjadi tuan rumah PKM ke-III se-Sumatera dan Asia Tenggara. Pastinya ini akan meningkatkan nilai akreditasi Perguruan Tinggi,” jelas Rektor UIN STS Jambi, Prof. Dr. H. Su’aidi, MA., Ph.D.

Dalam sambutannya, Rektor UIN STS Jambi juga memaparkan capaian – capaian luar biasa yang telah diraih UIN STS Jambi sejak bertransformasi menjadi UIN pada tahun 2017. Diantaranya UIN STS Jambi menduduki ranking dunia Times Higher Education (THE) satu-satunya dibawah Kementerian Agama RI dengan kategori reporter dan ranking 7 dunia sebagai kampus ramah disabilitas versi UNESA Dimetric.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: