Tol Pekanbaru-Padang dan Pekanbaru-Dumai Mulai Dinilai, Duh Banyak Juga Catatannya, Masih Aman?

Tol Pekanbaru-Padang dan Pekanbaru-Dumai Mulai Dinilai, Duh Banyak Juga Catatannya, Masih Aman?

Penilaian Jalan Tol Trans Sumatera khususnya pada ruas Tol Pekanbaru-Dumai dan Tol Pekanbaru-Bangkinang telah dilakukan-Foto: Dok Hutama Karya-

 

Ruas Tol Pekanbaru-Padang seksi Tol Pekanbaru-Dumai dan seksi Tol Pekanbaru - Bangkinang diharapkan bisa melakukan beautifikasi pada masing-masing gerbang tol.

 

Diantaranya menambahkan tanaman yang bagus dengan tetap memperhatikan sanitasi saluran air agar tidak mengganggu main road.

 

3. Harus Aman dan Nyaman

 

Untuk aspek keamanan, personil seperti satpam atau penjaga dapat ditempatkan pada gerbang tol untuk memberikan rasa aman kepada pengguna jalan tol.

 

Dari segi aspek kenyamanan pada gerbang tol, agar tidak menimbulkan antrian pada gerbang tol karena saldo e-toll kurang, PT Hutama Karya selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) dapat memberikan sosialisasi dan edukasi kepada pengguna jalan tol melalui media-media mainstream.

 

4. Penghijauan Rest Area

 

“Untuk Rest Area yang masih dalam pengerjaan baik Jalan Tol Pekanbaru - Dumai dan Pekanbaru - Padang diharapkan dapat memperhatikan fungsi lingkungan seperti penghijauan yang dapat ditambahkan tanaman seperti angsana dan trembesi yang mempunyai kanopi baik,” lanjut Sudirman.

 

5. Rest Area Diisi 70 Persen UMKM dan Hiburan Lokal

 

Dari segi fungsi ekonomi, rest area harus menghadirkan UMKM sebanyak 70%.

 

Tidak hanya menghadirkan UMKM, Rest Area juga harus memiliki fungsi sosial dengan cara menghadirkan hiburan lokal seperti musik yang digemari oleh pengguna jalan tol, hal ini dapat memberikan hiburan tersendiri bagi pengguna jalan tol yang pada saat melakukan perjalanan kerap dilanda suntuk dan mengantuk.

 

Rest Area juga harus bisa menjadi destinasi menarik bagi pengguna jalan tol dengan menambahkan musik atau hiburan lainnya dengan bekerjasama dengan dinas Pariwisata setempat karena musik juga dapat mempunyai dampak perekonomian.

 

Lokasi Rest Area menjadi bagian penting bagi kehidupan UMKM yang harus diperhatikan karena kehadiran UMKM juga diharapkan dapat memberikan dampak salah satunya aspek ekonomi bagi masyarakat sekitar.

 

6. Rest Area Wajib Penuhi Konsep Green Toll Road

 

Yuana Sutyowati selaku Narasumber Penilai Pengembangan UMKM mengatakan bahwa konsep green toll road wajib dipenuhi oleh seluruh jalan tol di Indonesia termasuk Jalan Tol Pekanbaru - Dumai dan Pekanbaru - Padang karena konsep ini sudah termasuk dalam roadmap.

 

Untuk mengusung green toll road di Rest Area, BUJT dapat menyediakan area recycle sampah yang dapat dimanfaatkan dan bernilai ekonomi. Jalan tol harus memiliki komitmen dalam memberikan rasa nyaman dan aman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: