Merasakan Sensasi ‘Bemalom’ Bersama Suku Anak Dalam, Ini Cara Daftarnya

Merasakan Sensasi ‘Bemalom’ Bersama Suku Anak Dalam, Ini Cara Daftarnya

Ilustrasi kegiatan sehari-hari Suku Anak Dalam (SAD) di kawasan rimba Provinsi Jambi-Foto: istimewa-

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Bemalom merupakan istilah yang digunakan Suku Anak Dalam (SAD) Jambi selama berburu dan mencari hasil hutan lainnnya.

Agustus 2023 mendatang, Pundi Sumatera bersama Pewarta Foto Indonesia (PFI) Jambi akan membuka kesempatan bagi anak muda Jambi untuk ikut merasakan sensasi Bemalom Bersama Suku Anak Dalam.

Mengutip dari keterangan resmi panitia acara, Program inovatif ini rencananya akan dilaksanakan selama dua hari pada 4-5 Agustus.

Panitia akan memilih sekelompok anak muda untuk menghabiskan waktu semalam bersama Suku Anak Dalam di Desa Dwi Karya Bakti, Kecamatan Pelepat Kabupaten Bungo.

Para peserta yang terpilih untuk program ini juga akan mendapatkan fellowship penuh yang mencakup transportasi, akomodasi, dan konsumsi selama kegiatan berlangsung.

Sekretaris PFI Jambi, Wahdi Septiawan mengatakan dalam kegiatan ini PFI juga akan memberikan klinik fotografi jurnalistik untuk peserta, semua bisa langsung hunting tentang nilai-nilai baik, kearifan lokal dan semangat kesetaraan foto yang akan dihasilkan.

"PFI ingin mengajak anak muda Jambi berkisah tentang kehidupan Suku Anak Dalam dan kerentanan dalam ancaman perubahan iklim dalam foto-foto jurnalistik yang dihasilkan nantinya," ujar Wahdi.

Program Bemalom Bersama Suku Anak Dalam juga bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam kepada anak muda tentang kehidupan dan budaya Suku Anak Dalam, serta tantangan yang dihadapi oleh masyarakat lokal di tengah perubahan iklim yang semakin nyata.

Dewi Yunita Widiarti CEO Pundi Sumatra menambahkan, selama kunjungan, peserta akan diajak untuk berpartisipasi dalam aktivitas seperti berburu, mengumpulkan makanan alami, dan mempelajari teknik bertahan hidup tradisional.
 
Mereka juga akan terlibat dalam upacara adat, tarian tradisional, dan mendengarkan cerita serta legenda dari para tetua suku. Dalam interaksi yang hangat dan akrab, anak muda ini akan memiliki kesempatan untuk bertanya, berdiskusi, dan memahami nilai-nilai budaya yang dijunjung tinggi oleh Suku Anak Dalam.

Dewi berharap melalui program ini, anak muda dapat belajar dan menghargai kearifan lokal serta menjadi agen perubahan yang bertanggung jawab dalam menjaga lingkungan dan semangat keberagaman serta toleransi.

“Kami juga berterima kasih kepada PFI Jambi yang telah menjadi mitra dalam mengorganisir kegiatan ini,” lanjut Dewi.

Adapun informasi untuk bisa mengikuti program Bemalom Bersama Suku Anak Dalam ini bisa diperoleh di akun Instagram PFI Jambi @pfijambi. Syarat dan link pendaftaran mulai diumumkan pada Senin 17 Juli 2023.

Tentang PFI dan Pundi Sumatera

PFI Jambi merupakan organisasi wartawan yang didirikan untuk memajukan dunia fotografi jurnalistik dan melindungi kepentingan pewarta foto sebagai profesi terhormat, melihat program ini sebagai kesempatan untuk memberikan pengalaman berharga kepada anak-anak muda dan memperkuat hubungan antara masyarakat lokal dengan generasi muda serta menuangkan pesan-pesan tersebut dalam foto jurnalistik.

Sementara Pundi Sumatera adalah organisasi yang fokus pada pendampingan untuk kemandirian masyarakat sipil dan adat terpencil di Sumatra yang berlokasi di Provinsi Jambi, berharap bahwa program ini akan menjadi inspirasi bagi anak muda untuk menjadi agen perubahan dalam pesan kesetaraan, inklusivitas dan  menjaga keanekaragaman budaya dan kelestarian lingkungan. (dpc/*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: