Sudah Seminggu Longsor Tutup Irigasi di Penawar, Warga Empat Desa tak Bisa ke Sawah

Sudah Seminggu Longsor Tutup Irigasi di Penawar, Warga Empat Desa tak Bisa ke Sawah

Sudah Seminggu Longsor Tutup Irigasi di Penawar, Warga Empat Desa tak Bisa ke Sawah--

KERINCI, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Bencana longsor tebing terjadi di Desa Penawar Tinggi Kecamatan Setinjau Laut, KERINCI. Akibat longsor terjadi sudah sekitar sepekan lamanya, ratusan hektare sawah di Kecamatan Setinjau laut tak bisa dialiri air. Karena longsor menurut irigasi di desa tersebut. 

Informasi diperoleh dari masyarakat para petani yang ada di empat Desa Penawar tak bisa turun ke sawah, karena kondisi sawah yang kering tak dialiri air. Bencana longsor juga sempat menutupi jalan desa tersebut. Namun akhirnya bisa dilewati. 

M Rahman tokoh masyarakat Penawar yang juga mantan Wabup Kerinci mengatakan kejadian longsor sudah seminggu. Pemerintahan desa sudah melaporkan ike dinas terkait. Karena longsor ini menimbun irigasi hingga area sawah tak bisa dialiri air. 

"Satu rumah juga terkena longsor, warga petani di empat Desa Penawar tak bisa ke sawah karena sawah kering, irigasi menyumbat, " Katanya kepada Jambi Ekspres, Rabu (12/7/2023). 

Sedangkan alat berat yang diturunkan merupakan dari pribadi warga setempat. Karena sudah dilapor ke pihak terkait tetapi belum ada tindakan. "Sudah dilaporkan, tapi belum turun juga upaya dari pemerintah, " Katanya

Terpisah Kepala BPBD Kerinci Dedi Andrizal dikonfirmasi mengatakan pihaknya belum mendapat laporan adanya longsor. "Kami belum Terima laporan dari masyarakat sampai saat ini, " ujarnya. 

Demikian juga dinas PU Kerici dikonfirmasi juga mengatakan hal yang sama. (Hdp) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: