Lewat Tol Cisumdawu, Dari Bandung ke Cirebon Hanya 40-50 Menit Saja!

Lewat Tol Cisumdawu, Dari Bandung ke Cirebon Hanya 40-50 Menit Saja!

Terowongan Tol Cisumdawu memberikan pengalaman perjalanan mirip di Eropa-Foto: Dok PUPR-

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Hadirnya Jalan Tol Cileunyi-Sumedang- Dawuan (Cisumdawu) membuat perjalanan antar Kota di Provinsi Jawa Barat semakin dekat.

Jarak dari Ibu Kota Jawa Barat Bandung menuju Cirebon misalnya, yang selama ditempuh berjam-jam, dengan hadirnya Tol Cisumdawu bisa memangkas jarak tersebut dalam  hitungan menit.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, saat ini Jalan Tol Cisumdawu sudah terkoneksi dengan Jalan Tol Cipali dan Bandara Kertajati dengan demikian masyarakat Bandung yang ingin ke Cirebon tidak perlu melintasi Tol Cipali.

"Cukup menggunakan Jalan Tol Cisumdawu, dengan perjalanan dari ujung gerbang tol Cileunyi menuju Cipali di Cirebon hanya ditempuh waktu perjalanan sekitar 40 hingga 50 menit dengan kecepatan minimal 80 km/jam," ujar Menteri Basuki. 

Sementara itu, presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meresmikan Jalan Tol Cileunyi - Sumedang - Dawuan (Cisumdawu) Selasa (11/7/23).

Presiden meresmikan tol sepanjang 61,6 Km tersebut di depan ikon terowongan kembar (Twin Tunnel) Seksi 2 Jalan Tol Cisumdawu yang ditandai dengan tapping gardu tol otomatis dan penandatanganan prasasti secara langsung oleh Presiden Jokowi.

Hadir mendampinigi Presiden Jokowi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Direktur Utama PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) Jusuf Hamka.

"Jalan Tol Cisumdawu sudah selesai dan siap dioperasikan, dimana Jalan Tol ini menghubungkan kota Bandung melalui Jalan Tol Cipularang dan terhubung juga melalui Jalan Tol Cipali," ujar Presiden Jokowi.

Dikatakan Presiden Jokowi Jalan Tol Cisumdawu sudah dimulai pembangunannya sejak tahun 2011, yang artinya sudah 12 tahun berjalan hingga diselesaikan.

"Memang banyak ditemukan problem dilapangan, utamanya adalah pembebasan lahan. Pembangunan Jalan Tol ini menggunakan anggaran sebesar Rp. 18,3 triliun, dari Pemerintah Rp. 9,07 triliun sisanya dari swasta," ujar Jokowi.

Presiden Jokowi juga mengatakan, saat ini kita berada di depan terowongan kembar (Twin Tunnel) dengan panjang mencapai 472 meter yang satu-satunya menjadi terowongan terpanjang pertama di Indonesia.

"Diharapkan dengan beroperasinya Jalan Tol Cisumdawu ini akan mempermudah konektivitas menuju Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati," kata Presiden.

Ditambahkan Presiden Jokowi, pembangunan kedua infrastruktur ini  dahulunya memang dikerjakan bersama-sama agar Jalan Tol Cisumdawu selesai dan Bandara Kertajati juga selesai berbarengan, tetapi terhambat karena pembebasan lahan Jalan Tol yang dimana Bandara Kertajati selesai terlebih dahulu.

"Sehingga kita harapkan setelah Jalan Tol Cisumdawu ini selesai, Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajat di bulan Oktober juga sudah dapat operasional secara penuh," tambahnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: