Angkat Disertasi e-Commerce bagi UMKM, Agesha Marsyaf Raih Gelar Doktor Ekonomi

Angkat Disertasi e-Commerce bagi UMKM, Agesha Marsyaf Raih Gelar Doktor Ekonomi

Agesha Marsyaf saat menyampaikan disertasi--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Mengangkat disertasi mengenai Kinerja UMKM dalam Perspektif Pengetahuan, Inovasi dan Budaya melalui Adopsi e-Commerce di Provinsi Jambi, berhasil mengantarkan Agesha Marsyaf meraih Gelar Doktor Ekonomi dalam ujian promosi Doktor Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas jambi (FEB-Unja). Alasan dirinya mengangkat judul disertasi tersebut karena seperti diketahui, UMKM memiliki peranan yang sangat penting terutama dalam peningkatan eknomi terutama di Provinsi Jambi.

“Karena itu bagaimana meningkatkan kinerja UMKM melalui adopsi e-Commerce, dan kami berharap dari penelitian yang dihasilkan UMKM dapat naik kelas dengan mengadopsi e-Commerce,” harap Agesha Marsyaf kemarin (6/7).


Foto bersama Agesha Marsyaf dan Keluarga serta Ketua Sidang, Sekretaris,Pengusi Eksternal, Promotor, para Co Promotor, para Penguji dan Rektor Universitas Muhammadiyah Jambi--

Sementara, Sekretaris Sidang, Prof. Dr. Johannes, S.E.,M.Si yang juga Ketua Prodi Doktor Ekonomi FEB-Unja, menyarankan agar promovendus dapat mengaktualisasikan ide-ide yang dimilikinya terhadap pembangunan UMKM dalam konteks e-Commerce.


.Foto bersama Agesha Marsyaf, Rektor Universitas Muhammadiyah Jambi, Wakil Rektor III, dosen dan staf UMJ--

“Masukan dari kami tentu ada tindakan berikut untuk memperjelas kompetensi apa yang dibutuhkan bagi UMKM, agar memiliki kapasitas dalam pengelolaan IMKM,” terang Sekretaris Sidang yang juga Ketua Prodi Doktor Ekonomi FEB-Unja, Prof. Dr. Johannes, S.E.,M.Si.

Penguji Eksternal yang merupakan Guru Besar Universitas Sebelas Maret Prof. Dr. Budhi Haryanto, S.E.,M.M memberikan catatan agar promovendus dapat mengimprovisasi hasil disertasinya.


Promotor Prof. Dr. H. Syamsurijal Tan, S.E.,M.A memperkenalkan promovendus pada sidang promosi --

“Untuk lebih meningkatkna skill, dan karya promovendus lebih diperdalam lagi teorinya, agar dapat dijadikan jurnal internasional,” ujar Penguji Eksternal yang merupakan Guru Besar Universitas Sebelas Maret Prof. Dr. Budhi Haryanto, S.E.,M.M.

Promotor, Prof. Dr. H. Syamsurijal Tan, S.E.,M.A mengatakan, saat ini Jambi tidak lagi dapat mengandalkan dari karet dan sawit dalam pengembangan ekonomi, namun harus digeser pada peranan UMKM. Terlebih UMKM saat ini memegang peranan penting dalam perekonomian Jambi. Lebih dari 60 persen kontribusi UMKM bagi pembangunan di Jambi.

“Persoalan sekarang bagaiman kinerj a UMKM dibahas, harus dilihat dengan perspektif kedepan yang lebih bagus. Maka temuan promovendus mengenai hubungan e-Commerce dengan UMKM, ternyata e-Commerce memiliki persepktif positif dan signifikan terhadap pembangunan UMKM di Jambi,” papar Promotor Prof. Dr. H. Syamsurijal Tan, S.E.,M.A.

Namun e-Commerce harus dipengaruhi ilmu pengetahuan, budaya dan inovasi. Ilmu pengetahuan saja tidak berpengaruh terhadap performa UMKM, sehingga perlu perubahan ilmu pengetahuan baru yang dapat langsung diterapkan dalam e-Commerce, baru dapat mempengaruhi UMKM. Ilmu pengetahuan pun  harus terhubung dengan pengembangan UMKM. Begitu juga dengan inovasi yang bagus seperti penggunaan web dan sejenisnya dalam pengembangan UMKM melalui e-Commerce.

“Namun yang cukup menarik adalah faktor budaya, yang secara langsung maupun tidak lansgung mempengaruhi performa UMKM, dengan kata lain budaya yang sudah dikembangkan seperti kualitas dan merek, telah mampu untuk meningkatkan kinerja UMKM, apalagi kalau dimasukkan e-Commerce. Saya fikir hasil disertasi promovendus dapat bermanfaat praktis bagi pemerintah, khususnya di Provinsi Jambi, pak gubernur kita sekarang kan memiliki kebijakan Dua milyar satu kecamatan (Dumisake, red), bisa diconncet-kan dengan mendorong pengembangan UMKM,” tandasnya.

Dalam ujian promosi Doktor Ekonomi FEB-Unja Agesha Marsyaf, bertindak sebagai Ketua Sidang yang juga Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FEB-Unja Prof. Dr. Shofia Amin, S.E.,M.Si, Co Promotor Prof. Dr. Syahmardi Yacob, MBA, Penguji Dr. H. Tona Auroa Lubis, S.E.,M.M dan Penguji Dr. Idham Khalik, S.E.,M.M. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: