UPKK UIN STS Jambi Dorong Mahasiswa Jadi Entrepreneur

 UPKK UIN STS Jambi Dorong Mahasiswa Jadi Entrepreneur

Foto Bersama--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - UIN STS Jambi melalui Unit Pengembangan Kewirausahaan dan Karir (UPKK), Selasa (13/6). Menggelar workshop di Gedung Entrepreneur Lt.2 Kampus II Simpang Sungai Duren. Kegiatan ini sebagai langkah dalam mendorong mahasiswa untuk menjadi calon alumni yang memiliki skill mumpuni dalam bidang entrepreneur. 

Ketua Unit Pengembangan Kewirausahaan dan Karir, Mardalina S.Ag, M.Ud, menjelaskan workshop ini diikuti 40 peserta yang terdiri dari perwakilan mahasiswa semua Fakultas dan Pascasarjana di UIN STS Jambi.


Pemateri saat mempraktikkan materi yang disampaikan--

UPKK adalah lembaga yang saat ini ada di 6 PTKIN se-Indonesia yang mendapatkan dana bantuan dari Program SBSN (Surat Berharga Syariah Negara), PTKIN tersebut adalah PTKIN yang berubah dari IAIN menjadi UIN bersamaan.

“UPKK merupakan Lembaga yang tugas dan fungsinya melakukan pembinaan, pengembangan, pelatihan dan pendampingan kepada mahasiswa dalam bidang kewirausahaan”, ucap Ketua UPKK.

Dijelaskannya, pelaksanaan workshop ini bertujuan untuk memberikan penguatan-penguatan kemampuan bagi mahasiswa sebelum menjadi alumni sehingga mampu berdaya saing di tengah masyarakat. Dengan menghadirkan orang yang berkompeten di bidang kewirausahaan, dirinya berharap para mahasiswa bisa memperoleh ilmu-ilmu yang dapat meningkatkan kemampuan dalam berwirausaha. 


Peserta workshop langsung mencoba materi yang telah dijelaskan--

Saat ini, UPKK UIN STS Jambi memiliki beberapa kelompok binaan kewirausahaan diantaranya Cinema Sutha, Rumah Cantik, dan juga percetakan namun tidak berjalan karena minimnya SDM yang memiliki kemampuan di bidang ini. Oleh karena itu dengan adanya workshop ini diharapkan akan lahir kelompok binaan yang akan fokus dibidang tersebut sehingga kelompok binaan dalam bidang percetakan.

Tidak hanya menghasilkan kelompok binaan, melalui workshop ini diharapkan dapat mengubah mindset mahasiswa dan calon alumni tidak hanya berlomba-lomba mencari kerja tetapi juga bisa menciptakan lapangan kerja sehingga tidak hanya bermanfaat bagi dirinya sendiri tetapi juga orang lain.

Workshop  bertemakan “Mempersiapkan Mahasiswa dan Calon Alumni Sebagai Wirausaha Kreatif Diera Society 5.0” menghadirkan Direktur CV. Anugrah Pratama Press Jambi Anhar, SE sebagai narasumber pada kegiatan ini.

“Semua punya peluang menjadi pengusaha tergantung bagaimana membangunnya,” Ucap Anhar saat memulai sesi pelatihan.

Saat ini meningkatkan skill keahlian dapat dengan mudah dipelajari dari berbagai sumber salah satunya internet. Hal yang penting dalam membuka usaha adalah membuat brand dan menjaga nama baik brand tersebut dengan semua stakeholder terutama konsumen, jelasnya.

Ia mengatakan saat ini lulusan sarjana semakin banyak dan persaingan dalam mencari pekerjaan semakin ketat sehingga dituntut memiliki skill lain yang bisa dijadikan usaha sehingga bisa menciptakan lapangan kerja bagi orang lain apabila dipromosikan dengan baik. Ia juga memotivasi untuk bisa memulai usaha dari usaha hal yang sederhana salah satunya usaha membuat pin dan mug yang dipraktekkan langsung. 

Pada pelatihan ini mahasiswa dibekali bagaimana cara membuat desain pin  mulai dari membuat desain gambar  sesuai keinginan, memilih ukuran yang ingin dipakai hingga proses tahapan akhir hingga menjadi pin. Sedangkan dalam pembuatan desain mug, langkah pertama yaitu mendesain gambar sesuai yang diinginkan kemudian menempelkan desain pada mug menggunakan lakban anti panas. Selanjutnya meletakkan mug ke dalam mesin press mug yang sudah dipanaskan sebelumnya dan tunggu hingga selesai sesuai timer. Terakhir, mengeluarkan mug dari mesin press mug kemudian tunggu mug hingga dingin dan lepaskan kertas desain mug.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: