PR Jalan Tol Jokowi Masih Panjang di Aceh, dari 366 Km Baru Dibangun 74,5 Km

PR Jalan Tol Jokowi Masih Panjang di Aceh, dari 366 Km Baru Dibangun 74,5 Km

Tol Aceh ruas Sigli-Banda Aceh akan tersambung 100 persen akhir Desember 2023-Foto: Dok Hutama Karya-

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Pekerjaan Rumah (PR) proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) di pemerintahan Jokowi masih cukup Panjang di Provinsi Aceh.


Dari tiga ruas dengan total Panjang 366,5 kilometer yang masuk dalam peta JTTS, baru hampir rampung 1 ruas yaitu ruas Tol Sigli-Banda Aceh sepanjang 74,5 Kilometer.

Provinsi Aceh dalam JTTS kebagian tiga ruas jalan tol, pertama yaitu ruas Tol Sigli-Banda Aceh sepanjang 74,5 km, kedua ruas Tol Sigli-Lhoksewmawe 157 km dan ketiga adalah ruas Tol Langsa-Lhokseumawe sepanjang 135 km.

1.Ruas Tol Sigli-Banda Aceh


Ruas Tol Sigli-Banda Aceh progresnya termasuk paling signifikan. Dari total 6 seksi sepanjang 74,5 Kilometer yang ada di ruas ini, telah tersambung Seksi 2,3,4,5 dan Seksi 6.

Seksi 2 Seulimeum-Jantho sepanjang 6,26 km beroperasi pada 8 Maret 2022. Seksi 3 Jantho-Indrapuri panjang 16,37 km telah beroperasi pada 26 Februari 2021.

Seksi 4 Indrapuri-Blang Bintang dengan panjang 14,60 km yang beroperasi pada 1 Juli 2020 dan telah diresmikan Presiden Joko Widodo pada 25 Agustus 2020.

Kemudian Seksi 5 dan 6 Blang Bintang – Baitussalam mulai beroperasi pada Kamis 22 Juni 2023 sepanjang 12,7 km.

Seksi 1 termasuk yang terakhir dituntaskan, Direktur Jalan Bebas Hambatan Budi Harimawan Semihardjo mengatakan Seksi 1 Padang Tidji-Seulimum sepanjang 24,67 km saat ini progres lahannya sudah 98,15% dan progres konstruksi sebesar 56,86% dengan target operasional Desember 2023.

Ruas Tol Sigli-Banda Aceh memang paling pendek di antara 3 ruas tol Aceh lainnya. Tol Sigli-Banda Aceh memiliki panjang 74,5 KM dengan nilai investasi Rp 14,05 T untuk seluruh seksi.

BACA JUGA:Idul Adha, Awas Segini Kecepatan yang Ditetapkan HK untuk Melaju di Tol Sigli-Banda Aceh

2. Ruas Tol Sigli-Lhokseumawe

Sementara ruas kedua JTTS yang ada di Provinsi Aceh yaitu Tol Sigli-Lhoksewmawe. Dalam desainnya, Tol Sigli-Lhoksewmawe akan mengubungkan beberapa daerah di Aceh.

Tol ini akan menyatukan Kabupaten Pidie, Pidie Jaya, Bireun dan Kota Lhokseumawe. Dalam desain JTTS, tol ini memilki Panjang 157 Km dan akan dilengkapi dengan tiga Simpang Susun, yaitu Simpang Susun Meureudu, Simpang Susun Bireun, Simpang Susun Lhokseumawe.

Jika rampung tol ini akan memangkas waktu perjalanan dari Lhokseumawe menuju Sigli, dari yang sekatang 3,5 jam menjadi sekitar 1,5 jam saja.

Jika ruas Tol Lhokseumawe - Sigli ini sudah selesai pembangunannya, maka akan dapat menghemat waktu perjalanan yang semula berkisar 3 (tiga) jam dan 30 (tiga puluh) menit menjadi berkisar 1 (satu) jam dan 45 (empat puluh lima) menit.

Dikutip dari data progres JTTS di situs resmi Hutama Karya Proyek ini diperkirakan akan menelan nilai investaso sebesar Rp. 20,355 triliun, terdiri dari Ekuitas (70%), dan dalam bentuk pinjaman (30%).

Hingga saat ini, progress pembangunan Tol Sigli-Lhoksewmawe memang belum ada pergerakan, belum ada pembebasan lahan dan juga belum ada progress konstruksi.

3. Ruas Tol Langsa-Lhokseumawe

Tol Langsa-Lhokseumawe dalam desainnya memiliki Panjang 130 kilometer dengan nilain investasi Rp16,854 Triliun.

Meski belum mulai dibangun, Pemerintah Provinsi Aceh melalui situs resminya acehprov.go.id menulis pada tahun 2021 bahwa ruas jalan tol ruas Langsa-Lhokseumawe sepanjang 135 km akan dikerjakan setelah dibentuk panitianya.

“Kita sudah terima DPPT secara de facto. Lalu membentuk SK Tim Verifikasi, bekerja lima hari sejak lima hari berikutnya penerimaan DPPT untuk disampaikan ke gubernur,” ujar Asisten I Pemerintah Aceh, M Jafar waktu itu.

BACA JUGA:Menyulap Jalan Berbelok Jadi Satu Jam dan yang Berbukit Jadi Datar, Tol Sigli-Banda Aceh Slebeew!

BACA JUGA:Seksi 5 dan 6 Beroperasi tanpa Tarif, Jalan Tol Sigli-Banda Aceh Waktu Tempuh 1 Jam Saja

Sementara itu Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, saat ini pemerintah memang sedang fokus menyelesaikan terlebih dahulu Tol Sigli-Banda Aceh kemudian baru dilanjutkan ke ruas tol Aceh yang lain.

Pemerintah kata Basuki memang fokus menyelesaikan backbone JTTS terlebih dahulu dari Lampung, Sumsel, Jambi, Riau, Sumut hingga ke Aceh. “Kita utamakan dulu backbone,” tegasnya.

Namun Basuki memastikan proses pembangunan JTTS tidak akan berhenti dan akan terus berlanjut sehingga target JTTS tersambung bisa terwujud nantinya. (dpc)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: