Dua Nenek Panjat Dinding dan Nyebrang Tol Cisumdawu, Jusuf Hamka Janji Beri Jalan

 Dua Nenek Panjat Dinding dan Nyebrang Tol Cisumdawu, Jusuf Hamka Janji Beri Jalan

Dua Nenek Panjat Dinding dan Nyebrang Tol Cisumdawu--

JAMBIEKSPRES.CO.ID- Tol Cisumdawu memang sedang jadi pusat perhatian. Pasalnya tol Cileunyi–Sumedang–Dawuan yang dinilai memiliki pemandangan memukau ini, direncanakan siap beroperasi pada Juli 2023 mendatang.

Namun, menjelang dipakai, baru-baru ini viral video yang memperlihatkan dua orang wanita paruh baya melintasi tol Cisumdawu dan kemudian memanjat pagar pembatas untuk ke seberang jalan lain. 

Dalam video yang disebarkan oleh akun twitter @deynurjaman ini terlihat seorang nenek dengan baju putih sedang memanjat pagar pembatas dan seorang lagi menggunakan topi caping serta baju pink sedang menunggu giliran untuk memanjat.

Tak lama, kedua wanita yang diduga adalah petani sekitar itu pun dihampiri oleh seorang pria. Dari percakapan yang terjadi di video, terdengar bahwa kedua nenek tersebut hendak menyeberang untuk menggembala. Alasan keduanya nekat memanjat tak lain dikarenakan ketiadaan akses jalan menuju tempatnya mereka beternak. 

“Ke sakedap Mak, bade kamana? (Sebentar bu, mau kemana?)” tanya si pria dalam video.

“Ngangon (gembala). Da teu aya jalan, sangsara teu aya jalan (Tidak ada jalan, sengsara tidak ada jalan)” jawab nenek sambil duduk di atas pagar pembatas. 

Kolom komentar pun penuh dengan tanggapan netizen. Beberapa mengiyakan sulitnya akses jalan di desa sekitar, namun netizen lain juga percaya bahwa setiap pembangunan tol pasti dibarengi dengan solusi jalan bagi warga sekitar.

“Bapa saya orang ujung jaya dan masalah ini relate sama tetangga di sana. Susah bener ga ngasih akses buat warlok beraktivitas.” tulis akun twitter @ultra**

“Sepertinya tol masih dalam tahap pembangunan. 1. Jalur sepi, 2. Ada beberapa motor di bahu jalan. Penyeberangan pasti disediakan oleh pihak terkait, biasanya ada di jalan desa yang jadi jalur utama.” @nanda**

Sementara, menanggapi video yang beredar, bos jalan tol Jusuf Hamka berjanji akan mencari solusi bersama. 

“Pasti akan kami cari jalan bersama. Mungkin ada jalan ya, kami gak mungkin (kalau) gak bangun jalan itu.” ujar Jusuf Hamka ketika berada di Sumedang, Jumat (23/6/2023).

Kalau gak over pass, pasti ada terowongan. Tapi, kami minta maaf, kami (akan) tambah sosialisasikan.” tambahnya.

Pria yang akrab disapa Babah Aloen ini juga mengatakan, jika betul-betul tidak ada jalan, beliau akan memberi perintah khusus kepada pengelola untuk membangun jalan setapak. 

“Kita bikinkan jalan setapak.” janjinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: