Luhut Yakin Tesla Belum Say Goodbye ke RI karena di India Elon Musk Hanya Buka Showroom Bukan Pabrik

Luhut Yakin Tesla Belum Say Goodbye ke RI karena di India Elon Musk Hanya Buka Showroom Bukan Pabrik

Luhut dan Elon Musk saat pertemuan di Giga Factory Tesla di Austin, Texas pada April 2022-Foto: Tangkap Layar IG @Luhut.pandjaitan-

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, sepertinya masih optimis Tesla belum say goodbye ke RI demi pindah buka pabrik di India. 

 

Di sela-sela kegiatan uji coba Kereta Cepat Jakarta Bandung pada Kamis (22/6), Luhut mengatakan Tesla di India hanya sekedar membuka showroom bukan membuka pabrik.

 

“Nggak ada, mereka itu buka showroom," tegasnya singkat. Seperti kita ketahui, Elon Musk baru saja bertemu Perdana Menteri India, Narendra Modi di New York pada Rabu 21 Juni 2023 lalu.

 

Big bos Tesla itu di depan Modi dengan gamblang menyatakan niatnya mengembangkan bisnis Tesla di India sesegera mungkin. Beberapa sumber mengatakan, Elon Musk pun sengaja bertemu Modi untuk menyampaikan rencananya itu.

 

Elon Musk usai pertemuannya dengan Modi, kepada wartawan mengatakan, ia berencana membuat sebuah pengumuman tentang ‘sesuatu’ dalam waktu dekat.

 

Kata Elon Musk, tahun depan adalah waktu yang tepat untuk mereka merealisasi niat membangun pabrik Tesla di India. “Saya yakin akan dilakukan segera,” lanjutnya.

 

Pemerintah Indonesia sendiri telah berencana menawarkan insentif untuk perusahaan milik Elon Musk itu jika melakukan kegiatan bisnis di Indonesia.

 

Mulai dari keringanan pajak, konsesi penambangan nikel hingga skema subsidi pembelian mobil listrik.

 

Rayuan untuk Tesla ini sebenarnya sudah cukup lama dilakukan pemerintah Indonesia, bahkan sejak tahun 2020 Presiden Jokowi telah dua kali melakukan diskusi serius dengan CEO Tesla Elon Musk.

 

Pertemuan pertama Jokowi menemui langsung Elon Musk di Texas tahun 2022.

 

“Ya, ini tindak lanjut perintah saya kepada Menteri Koordinator (Bidang Kemaritiman dan) Investasi untuk berbicara dengan Elon (Musk) mengenai investasi, mengenai teknologi, mengenai inovasi. Dan sekarang saya ke sini dan bertemu langsung dengan Elon untuk mendiskusikan kerjasama yang akan datang,” kata Jokowi di Texas 14 Mei 2022 lalu.

 

Kemudian rayuan kedua,Presiden Jokowi juga pernah melakukan komunikasi langsung dengan Elon Musk melalui sambungan telepon, masih terkait investasi di Indonesia. (dpc)

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: