India Ketiban Durian Runtuh! Apple Buka Pabrik iPhone Serap 50.000 Tenaga Kerja

India Ketiban Durian Runtuh! Apple Buka Pabrik iPhone Serap 50.000 Tenaga Kerja

Apple akan membuka pabrik iPhone di India. India merupakan negara dengan pasar iPhone yang tinggi selama ini-Foto: Tangkap Layar Youtube Apple IN India-

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID - India benar-benar ketiban durian runtuh, tahun 2024 Apple Foxconn akan membuka pabrik iPhone di negara bagian Karnataka, India Selatan.

 

Rencananya pabrik iPhone itu akan mulai beroperasi April 2024 dan akan menyerap 50.000 tenaga kerja India.

 

Bukan pula rencana dadakan, karena sejak 2017 Apple sebenarnya telah memproduksi iPhone tipe tertentu di India tepatnya di sebuah fasilitas Apple di India, meski dalam kapasitas kecil.

 

Awal 2023, Apple juga telah mengumumkan mereka baru saja membeli lahan di Kota Bengaluru Karnataka India untuk kawasan pabrik iPhone.

 

Diberitakan di berbagai media asing, nilai investasi Foxconn untuk India menembus angka USD 700 juta atau sekitar Rp10,465 Triliun untuk pabriknya saja.

 

Sementara itu, total investasi Apple untuk di India menurut pemerintah setempat, akan menembus USD 1,59 miliar.

 

Di India Foxconn menargetkan bisa mencetak 20 juta iPhone per tahun untuk memenuhi pasar India.

 

BACA JUGA:Deretan Negara Asia yang Dapat ‘Janji Manis’ Elon Musk Bangun Pabrik Tesla

 

BACA JUGA:Selangkah Lagi Elon Musk Buka Pabrik Tesla di India, Goodbye RI?

 

Selama ini iPhone yang dijual di India dipasok dari pabrik Foxconn di China, dengan hadirnya pabrik di India ditargetkan rantai pasokan iPhone bisa menjadi pendek.

 

Kondisi ini diharapkan bisa membuat iPhone semakin bersaing di India di tengah gempuran ponsel dari China dan Korea Selatan yang harganya jauh lebih miring.

 

CEO Apple Tim Cook juga telah datang ke India pada April kemarin. Kehadirannya itu sekaligus meluncurkan dua toko Apple di India. (dpc)



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: