LIBUR TELAH TIBA! Ragu Liburan Bawa Balita? Ini 6 Tipsnya, Nomor 5 Sering Lupa

LIBUR TELAH TIBA! Ragu Liburan Bawa Balita? Ini 6 Tipsnya, Nomor 5 Sering Lupa

Tips bawa liburan bersama balita--

JAMBIEKSPRES.CO.ID- Momen liburan tentu menjadi momen yang dinanti-nanti si kecil.

Tapi, bagaimana dengan mama? Berpikir dua kali karena anak masih balita? Padahal liburan keluarga bukan sekedar healing tipis-tipis, tapi healing yang banyak manfaatnya bagi anak.

Beberapa di antaranya, menambah memori-memori indah bagi si kecil, sarana belajar yang menyenangkan, membangun bonding yang kuat dalam keluarga,  bahkan  melatih sosialisasi dan mental anak.

Jadi, jika ada kesempatan, jangan pernah ragu untuk berlibur bersama anak. Selama liburan direncanakan dengan baik, semua bisa dilewati. Berikut tips dan trik liburan bersama balita.

1. Riset tempat wisata

Sebelum pergi berlibur, sebaiknya orang tua melakukan riset terlebih dahulu destinasi yang sesuai dengan usia anak, jangan lupa pilih tempat wisata yang menyenangkan dan aman untuk dikunjungi anak.

2. Diskusikan pilihan tujuan wisata

Setelah memilih beberapa tujuan berlibur, akan lebih baik jika mengajak anak untuk terlibat dalam menentukan destinasi liburan juga kegiatan yang ingin dilakukan. 

Jika anak di usia yang belum bisa memutuskan destinasi pilihannya, mama bisa coba untuk menceritakan destinasi yang akan dituju dengan cara yang menyenangkan dan berulang.

Sehingga anak mendapatkan konsep bahwa mereka akan melakukan hal yang menyenangkan. Tujuannya untuk meningkatkan semangat dan membentuk mood bahagia anak selama bersiap dan melakukan perjalanan. 

3. Gunakan transportasi yang nyaman

Pilihan transportasi menjadi salah satu hal yang krusial ketika berlibur bersama anak. Upayakan apapun transportasi yang digunakan membuat anak nyaman dan aman. Sehingga selama perjalanan suasana liburan yang menyenangkan  tetap terjaga.

Sedikit tips dan trik, jika memilih naik pesawat orang tua bisa memilih waktu perjalanan yang bertepatan dengan jam tidur anak. Jika naik kendaraan darat dan memakan waktu lama, orang tua bisa memilih waktu berkendara yang leluasa, tidak terburu-buru. Jangan lupa jika naik mobil, ciptakan suasana familiar di dalam mobil seperti menyediakan bantal dan selimut favorit anak. 

4. Persiapkan kebutuhan khusus anak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: