UPDATE JEMAAH HAJI JAMBI! JCH Kloter BTH 18 Provinsi Jambi Bersiap Menuju Mekkah Usai Ziarah Raudah

UPDATE JEMAAH HAJI JAMBI! JCH Kloter BTH 18 Provinsi Jambi Bersiap Menuju Mekkah Usai Ziarah Raudah

Bersiap Menuju Makkah, Berikut Skema Persiapan Jemaah Kloter BTH 18--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Jemaah Haji Kloter Kloter BTH 18 Provinsi Jambi telah melakukan ziarah Raudah pada Selasa (13/6) lalu, dimana jemaah perempuan melaksanakannya pukul 06.00 Waktu Arab Saudi (WAS), sedangkan jemaah laki-laki melaksanakannya pada pukul 13.00 WAS.

Hal itu diungkapkan Pembimbing Ibadah Kloter BTH 18, H. Majdi kepada tim Media Center Embarkasi Haji Antara (EHA) Provinsi Jambi.

“Jemaah kumpul 1 (satu) jam sebelumnya di dekat pintu 359,” ujarnya

Saat ini para jemaah tengah bersiap menuju Makkah yang dijadwalkan pada Kamis (15/6) pukul 14.00 WAS.

“Dengan teknisnya, koper besar sudah siap dikepak dan diletakkan di dekat lift area lantai kamar masing-masing jemaah sebelum salat subuh, serta akan diturunkan dengan bantuan jamaah laki-laki dan petugas hotel ke lantai dasar dengan pengelompokan berdasarkan rombongannya,” jelasnya.

Namun, sebelum pendorongan jemaah Kloter BTH 18 menuju Makkah, seluruh jemaah diminta agar sudah melakukan mandi sunnah demgan mengenakan pakaian ihram.

“Dan apabila mau melaksanakan salat zuhur di Masjidil Haram, maka tetap dengan berpakaian ihram dengan tas koper kecil sudah siap untuk dibawa ke bus masing-masing agar tidak ada barang jemaah yang tertinggal,” imbuhnya.

Majdi mengingatkan pada saat menaiki bus, berdasarkan rombongan masing-masing sebab paspor sebagai buku identitas jemaah sudah disiapkan berdasarkan rombongan pada busnya masing-masing.

Setibanya di Bir Ali/Zulhulaifah, semua jemaah diarahkan untuk melaksanakan salat sunah ihram, dilanjutkan dengan berniat umroh.

“Kecuali jemaah lansia maupun yang susah untuk bergerak naik dan turun bus agar cukup berniat ihram didalam bus saja,” tuturnya.

Petugas haji memastikan seluruh jemaah telah mengenakan pakaian ihram secara sempurna disertai sudah berniat ihram sebelum bus bergerak untuk melanjutkan perjalanan menuju Mekah. “Dan selama masa perjalanan menuju Mekah, maka jemaah dianjurkan untuk memperbanyak tarbiyah dan zikrullah serta menghindari percakapan .maupun perbuatan yang tidak baik,” ujarnya.

Bus akan singgah di perbatasan kota Mekah, tepatnya di kawasan Jumum, para JCH akan diperiksa berdasarkan paspor masing-masing yang dibawa oleh sopir bus. “Oleh karena itu, tetap harus waspada terhadap penumpang gelap yang memanfaatkan kesempatan,” ungkapnya.

Begitu tiba Kota Makkah, jemaah disilahkan memasuki kamar hotel masing-masing dan diingatkan agar menggunakan waktu tersebut untuk beristirahat. Dilanjutkan dengan pelaksanaan tawaf, sai, dan tahalul secara berjamaah.

“Bagi jemaah lansia maupun jemaah yang membutuhkan sarana scuter akan difasilitasi dengan tetap membayar biaya penggunaannya, “ ungkapnya. .berdasarkan hasil rapat Ketua Rombongan Kloter BTH 18 pada 12 Juni 2023 lalu. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: