Tak Hanya Urus BBM, Pertamina Juga Punya Bisnis Sewa Kapal Tangker yang Go Internasional

Tak Hanya Urus BBM, Pertamina Juga Punya Bisnis Sewa Kapal Tangker yang Go Internasional

VLCC Pertamina Pride dengan kapasitas 2 juta barel milik Pertamina International Shipping -Foto: Dok PIS-

JAKARTA, JAMBIEKSPTRES.CO.ID – Mungkin belum banyak yang tahu, Pertamina yang selama ini lebih identik dengan bisnis bahan bakar minyak (BBM) ternyata juga memiliki anak usaha bidang sewa kapal tanker.


Nama perusahaannya yaitu Pertamina International Shipping (PIS) yang didirkan sejak 2016. PIS merupakan perusahaan pelayaran nasional yang telah bertaraf internasional.

Hingga saat ini, PT Pertamina International Shipping sebagai Subholding Integrated Marine Logistics telah memiliki total 750 kapal. Selain kapal, PIS juga mengelola time charter dan spot charter yang dapat disewa melalui e-chartering.

Tidak kaleng-kaleng, Pertamina International Shipping juga menyewakan kapal tankernya MT Gamsunoro kepada Aramco Trading Company produsen energi terbesar di dunia saat ini.

Kontrak ini juga menjadi prestasi bagi PIS yang semakin membuktikan perkembangan bisnis yang eksponensial di tataran global.

Kapal MT Gamsunoro yang disewa Aramco untuk rute charter Teluk Persia - Laut Merah (Persian Gulf-Red Sea) – Asia dengan titik loading dari Al Jubail dan titik discharge di Ash Shuqaiq.


Sebelumnya kapal milik MT Gamsunoro juga mendapatkan kepercayaan untuk melayani Top Five Biggest Oil Trading Company yaitu Trafigura.

Kolaborasi penyewaan kapal antara PIS melalui PIS Pte Ltd dengan Aramco Trading Company merupakan tonggak sejarah baru dan milestone penting di dalam upaya PIS dalam mengembangkan pasar internasional dan menjadi Asia Leading Shipping Company.

Melalui anak usaha Pertamina International Shipping Pte Ltd, SIP juga berhasil mengakselerasi peningkatan market share di Petronas Group dengan bertambahnya kapal yang disewakan kepada anak usaha Petronas Group yaitu Petco Trading Labuan Company Limited (PTLCL) secara time charter melalui kapal MT SANGGAU.

Kapal MT ERAWAN 10 yang dikendalikan oleh PISPL juga berhasil dikomersialisasikan ke PTLCL secara time charter, serta kapal-kapal lain yang disewakan secara voyage charter ke PTLCL.

PIS mengelola bisnis pelayaran secara professional. Selain memasok kebutuhan energi ke berbagai tempat di tanah air. PIS juga serius berkomitmen jadi perusahaan yang kompetitif untuk berkompetisi di kancah internasional.


Kapal-kapal PIS berbendera Indonesia dan diawaki oleh kru dari Indonesia. Kapal-kapal yang menjadi kebanggaan PIS antara lain Pertamina Pride, Pertamina Prime, MT PIS Pioneer, MT Fastron dan banyak lainnya.


Selain membuka anak usaha Pertamina International Shipping di Singapura, SIP juga telah berkembang dengan membuka PIS Polaris Pte Ltd dan PIS Paragon Pte Ltd yang juga berkedudukan di Singapura.


"Kami akan terus berekspansi dan mencari peluang-peluang kerjasama baru dalam rangka memperluas pasar di global market," ujar Arief Sukmara, Corporate Secretary PIS dikutip Jambi Ekspres dari situs resminya pertamina-pis.com.


Ke depannya, dengan strategi bisnis yang semakin matang, PIS akan terus berupaya mengembangkan lini bisnis lainnya yang mendukung bisnis inti pelayaran untuk menjadi Integrated Marine Logistics Company terkemuka di Asia. Sebagai perusahaan subholding Pertamina.

Terutama dengan adanya Tol Laut sebagai program Pemerintah Indonesia, kelancaran distribusi barang hingga ke pelosok Indonesia juga turut menjadi kontribusi PIS, di mana tentunya dapat berdampak positif pada pemerataan harga logistik setiap barang di seluruh wilayah Indonesia. (dpc)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: