Tak Hanya Manusia 75 Gajah Pun Wara-wiri Melintasi Tol Pekanbaru-Dumai dengan Terowongannya

Tak Hanya Manusia 75 Gajah Pun Wara-wiri Melintasi Tol Pekanbaru-Dumai dengan Terowongannya

Terowongan perlintasan gajah di ruas Tol pekanbaru-Dumai-Foto: Antara/FB Anggoro-

RIAU, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Tol Pekanbaru-Dumai adalah salah satu tol yang memiliki terowongan khusus gajah. Tak hanya manusia yang menikmati tol Riau ini, 75 gajah yang ada di area ini pun ikut wara-wiri setiap hari secara bergantian.

 

Kepala BKSDA Riau Genman S. Hasibuan mengatakan, kehadiran tol Pekanbaru-Dumai ini sebenarnya telah membelah habitat gajah yang ada di dua kota dan dua kabupaten di Provinsi Riau.

 

Beruntung, dengan dibangunnya terowongan perlintasan gajah di Tol Pekanbaru-Dumai ini membuat sekitar 75 populasi gajah yang ada di area ini bisa tetap bisa wara-wiri menyusuri perlintasannya dan pergerakannya tidak terganggu.

 

Perlintasan Gajah di Seksi 4 Tol Pekanbaru - Dumai, disiapkan untuk menghubungkan 8 Kantung Gajah yang ada sisi kiri dan kanan tol.

 

Perlintasan gajah di Seksi 2 di Sungai Takuana lokasinya tak jauh dari Pusat Latihan Gajah Minas di Kabupaten Siak.

 

Sementara perlintasan gajah di seksi 5 dan perlintasan lainnya ada di Seksi 4, jaraknya dekat dengan Suaka Margasatwa Balai Raja.

 

Tentu saja, perlintasan ini juga memberi rasa keadilan untuk gajah-gajah yang ada. Manusia mendapat fasilitas transportasi akses jalan tol, dan gajah tetap mendapat hak perlintasan mereka yang memang telah ada jauh sebelum tol itu dibangun.

 

Tak hanya untuk keselamatan gajah, terowongan Perlintasan Gajah di tol Pekanbaru-Dumai ini juga untuk menjaga keselamatan pengguna Jalan Tol karena gajah tak perlu merebut haknya untuk melintas dengan naik ke atas jalur tol karena telah memiliki jalan sendiri.

 


Presiden Jokowi melihat terowongan lintasan gajah wara wiri di Tol Pekanbaru-Dumai,-Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev-

 

Adapun terowongan gajah yang dibangun di ruas Tol Pekanbaru-Dumai ukurannya nyaman dan proporsional untuk gajah, clearance 5,1 meter lebarnya 40 meter dan dilengkapi pagar pengaman agar gajah di perlintasan Tol Pekanbaru-Dumai terjaga ekosistemnya dan terhindar dari manusia-manusia jahat yang ingin mengganggu mereka.

 

Presiden RI Jokowi telah meninjau langsung lokasi salah satu terowongan lintasan gajah, tepatnya di KM 12 pada Kamis (5/1/2023).

 

Dari ketinggian struktur badan tol Pekanbaru-Dumai, Jokowi sempat ngintip beberapa gajah sedang lewat beraktivitas di sekitar jalan tol yang ada terowongan gajahnya itu.

 

Kata Jokowi, pembangunan tol tidak boleh mengganggu perlintasan satwa yang dilindungi, seperti Gajah Sumatera yang ada di Riau ini.

 

Pembangunan infrastruktur katanya harus tetap menjaga kelestarian satwa liar. Tak hanya di Riau, hal ini kata Jokowi juga akan dilakukan di tempat lain.

 

“Saya kira beberapa tempat memang kita membangun terowongan-terowongan, lintasan untuk hewan-hewan yang dilindungi tersebut,” tutur Presiden. (dpc)






Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: