UIN STS Jambi Peringati Hari Lingkungan Hidup Dunia

UIN STS Jambi Peringati Hari Lingkungan Hidup Dunia

UIN STS Jambi tuangkan 700 liter Eco Enzyme dalam rangka peringati hari lingkungan hidup dunia--

 

Eco enzyme merupakan sebuah solusi nyata dalam mengurangi jumlah sampah organik, berdasarkan data statistik lingkungan hidup diketahui bahwa total sampah di TPA sebanyak 60% terdiri dari sampah organik. Oleh karena itu semoga dengan adanya kegitan rutin pengelolaan sampah organik menjadi Eco Enzyme di UIN SUTHA akan memberikan dampak positif baik itu dengan berkurangnya jumlah sampah orhanik yang dibuang k TPA dan juga mempu memproduksi produk turunan cairan Eco Enzyme yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.

 

Hal ini sangat erat berkaitan dengan transintegrasi ilmu, dimana sekarang UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi telah aktif mengaplikasikan transintegrasi ilmu dalam proses pembelajaran, bagaimana transintegrasi ilmu dapat melibatkan berbagai pendekatan dan mampu memecah kebekuan disiplin ilmu yang berdiri sendiri, sehingga nantinya berbagai disiplin ilmu dapat saling mengisi ruang kosong bersama-sama. Dalam menjaga lingkungan tidak hanya terkait ilmu kimia, fisika, biologi dan ilmu umum lainnya, namun juga terdapat fiqh bi’ah yang membahas tentang lingkungan dari sudut pandang Islam. 

 

Dengan transintegrasi ilmu yang mengkombinasikan seluruh elemen dari berbagai disiplin ilmu akan menciptakan ilmu pengetahuan baru yang lebih komprehensif dan sintesi sehingga mampu menjangkau banyak bidang dan mampu mencegah keterpecahbelahan ilmu pengetahuan. Disini UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi berkomitmen untuk selalu menjadi kampus hijau yang islami dan inovatif, selalu menjadi lokomotif perubahan sosial dalam menjaga lingkungan.

 

Kampus yang turut serta dalam kegiatan Festival Eco Enzyme 2023 diantaranya :

1. Universitas Negeri Surabaya

2. Universitas Sumatera Utara

3. UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

4. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

5. Universitas Syiah Kuala

6. Universitas Lampung

7. Universitas Kuningan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: