UIN STS Jambi Peringati Hari Lingkungan Hidup Dunia

UIN STS Jambi Peringati Hari Lingkungan Hidup Dunia

UIN STS Jambi tuangkan 700 liter Eco Enzyme dalam rangka peringati hari lingkungan hidup dunia--

Tuangkan 700 Liter Eco Enzyme ke Danau UIN STS Jambi Serentak Se-Indonesia

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - UIN STS Jambi terus mengambil langkah dalam berbagai bidang, bahkan dalam rangka memperingati hari lingkungan hidup Tim Eco Enzyme SUTHA melakukan purifikasi badan perairan dengan menuangkan 700 liter Eco Enzyme ke badan air atau danau UIN STS Jambi, Senin (5/6). Penuangan ini diikuti 21 kampus Se-Indonesia. 

Rektor UIN STS Jambi, Prof. Dr. H. Suaidi., MA., Ph.D., yang mengikuti langsung kegiatan ini mengaku sangat berterimakasih karena UIN STS Jambi telah di ajak bergabung dalam kegiatan besar dalam menjaga lingkungan. Ini merupakan langkah besar dan langsung 21 Perguruan Tinggi khusunya UIN dalam ikut menjaga lingkungan kali ini berhubungan dengan air.


Foto bersama--

Bahkan dirinya sangat bangga karena UIN STS Jambi menjadi Perguruan Tinggi pertama yang menuangkan eco enzyme ke danau baru diikuti dengan Perguruan Tinggi lainnya yang turut serta dalam kegiatan Festival Eco Enzyme 2023.

“Melalui peringatan hari lingkungan hidup sedunia pada hari ini, kita menunjukkan keprihatinan kita kepada dunia dan kepedulian kita terhadap lingkungan hidup. Penuangan eco enzyme ini merupakan bukti dari keseriusan kita untuk bersama-sama menjaga lingkungan hidup khususnya di UIN STS Jambi," jelas Rektor UIN STS Jambi.


Foto Bersama dengan duta Green SUTHA UIN STS Jambi--

Dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada Ibu Profesor Ririn dan teman-teman yang sudah mengelola kegiatan ini dan mudah-mudahan dengan kegiatan seperti ini kepedulian terhadap lingkungan hidup semakin membaik dengan keterlibatan Perguruan Tinggi. 

"Bahkan UIN STS Jambi sudah berencana membangun Lembaga konservasi untuk mendukung keberlangsungan lingkungan hidup," kata Rektor UIN STS Jambi. 

Festival Eco Enzyme 2023 yang dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting ini turut dihadiri oleh Staff Ahli Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI : Dr. Tasdiyanto. M.Si, Ketua UI Greenmetric Prof. Dr. Ir. Riri Fitri Sari, M.Sc., MM, Koordinator UIGWURN Indonesia Prof. Dr. Ir. Ambariyanto, M.Sc. 


Rektor UIN STS Jambi saat memberikan sambutan sebagai Perguruan Tinggi pertama yang menuangkan eco enzyme--

Untuk UIN STS Jambi, Rektor UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Prof. Dr. H. Su’aidi, MA., Ph.D didampingi Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan, Dr. Rofiqoh Ferawati, M.EI., Ketua Tim Green SUTHA, Bayu Kurniawan, M, Si., Ketua Pusat Kajian Lingkungan Hidup, Syukrya Ningsih, M.Si., Koordinator Akademik dan Kemahasiswaan, Darul Hipni, M.Fil. I serta Tim Eco Enzyme dan duta Green Sutha UIN Jambi.

 

Eco enzyme merupakan hasil dari fermentasi limbah organik seperti ampas buah, kulit buah dan sayuran, gula merah atau molase dan air. Warnanya coklat gelap dan memiliki aroma fermentasi asam manis yang kuat. Dapat digunakan sebagai pembersih organik, sehingga dapat mengurangi penggunaan zat kimia dalam kebutuhan sehari-hari. Salah satu fungsi Eco Enzyme yaitu dapat membantu mempercepat proses purifikasi badan perairan untuk menghilangkan zat-zat polutan yang mencemari sehingga meningkatkan kualitas air. Kegiatan Festival Eco Enzyme ini juga merupakan kegiatan yang bersinergi dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) poin 6 yaitu memastikan masyarakat mencapai akses universal air bersih dan sanitasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: