Tol Kapal Betung Senilai Rp 22,16 Triliun Luncur Jaya Melintasi 4 Daerah Sumsel di Momen Kemerdekaan RI

Tol Kapal Betung Senilai Rp 22,16 Triliun Luncur Jaya Melintasi 4 Daerah Sumsel di Momen Kemerdekaan RI

Pembangunan Pintu Tol Musi Landas di ruas Tol Kapal Betung Sumsel-Foto: Tangkap Layar Youtube Adi Candra Chanel-

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Tol Kayu Agung - Palembang - Betung atau Tol Kapal Betung senilai Rp 22,16 triliun ditarget beroperasi penuh dan luncur jaya di momen HUT Kemerdekaan RI ke 78 pada Agustus 2023 mendatang.

 

Dalam jadwalnya, tol Kapal Betung telah bisa operasi penuh melintasi 4 daerah di Sumatera Selatan (Sumsel). Daerah tersebut yaitu Kabupaten Ogan Komering Ilir, Kabupaten Ogan Ilir, Kabupaten Banyuasin dan Kota Palembang.

 

Tol Kapal Betung yang dibangun oleh PT Waskita Sriwijaya Tol terdiri dari 3 seksi, dan saat ini baru beroperasi dua seksi secara penuh yaitu Seksi 1 Kayu Agung-Jakabaring sepanjang 33,5 km, dan Seksi 2A Jakabaring-Kramasan 9 km. Sisanya, seksi 3 Musilindas-Betung 44,29 masih tahap kontruksi.

 

Keterangan resmi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) mencatat, progres konstruksi proyek Jalan Tol Trans Suamtera ini per April 2023 lalu yaitu Seksi 2B Kramasan-Musilindas telah mencapai 73,81 persen, dan progres Seksi 3 Musilindas-Betung telah mencapai 58,91 persen.

 

Kepala BPJT Danang Parikesit mengatakan, pekerjaan penyelesaian struktur terus dikebut, mulai dari pembangunan jalur perlintasan overpass, jembatan dan juga main bridge tol.

 

Penyelesaian Tol Kapal Betung ini kata Danang diharapkan bisa diselesaikan Waskita Sriwijaya Tol sesuai jadwal dan tetap menjamin mutu dan ketepatan waktu penyelesaian, sehingga masyarakat bisa menikmati akses jalan tol ini sesuai jadwalnya, di bulan HUT RI yaitu Agustus.

 

BACA JUGA:Ini Lokasi Lengkap Exit Tol Musi Landas dan Exit Tol Pangkalan Balai di Ruas Tol Kapal Betung

 

Jika rampung, Tol Kapal Betung ini akan memiliki 7 simpang susun (SS) yang tersebar di beberapa titik. Diantaranya SS SP Padang, SS Jejawi, SS Kramasan, SS Gandus, SS Sungai Rengas, SS Pulau Rimo dan SS Pangkalan.

 

Akan ada 6 rest area pula yang akan disebar di jalan Tol Kapal Betung sepanjang 111,69 Kilometer ini. (dpc)



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: