2 CJH Tanjabtim Batal Berangkat Haji, Total 98 Orang Akan Diberangkatkan 5 Juni

2 CJH Tanjabtim Batal Berangkat Haji, Total 98 Orang Akan Diberangkatkan 5 Juni

Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Subhan Cholid kembali meninjau persiapan tenda jamaah haji Indonesia di Arafah--

MUARASABAK, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Sebanyak 98 orang Jumlah Calon Jamaah Haji (CJH) asal Kabupaten Tanjabtim yang akan berangkat ke Tanah Suci Mekkah tahun 2023. Dimana dari total 100 orang, 2 orang dinyatakan batal ikut menunaikan ibadah Haji.

Adapun 2 orang yang batal berangkat tersebut, yakni dikarenakan meninggal dunia pada hari Minggu lalu dan 1 orang lagi sedang sakit.

Kepala Kementerian Agama Kabupaten Tanjabtim, Muhammad Iqbal melalui Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh, Saipullah Rasyidi membenarkan hal tersebut. Dia mengatakan, kedua orang itu merupakan jamaah haji Lansia.

"Ya benar, Dua jamaah haji itu yang meninggal dunia dari Kecamatan Mendahara Ulu, dan yang sakit Kecamatan Kuala Jambi," katanya.

Dia menjelaskan, bahwa keberangkatan haji kedua jamaah itu bisa pelimpahan ke ahli waris, akan tetapi tidak bisa langsung berangkat, dan harus kembali ke porsi awal, karena mereka terjaring sebagai Lansia. 

"Berbeda lagi dengan reguler. Kalau reguler setelah pelimpahan, saat itu juga bisa langsung berangkat," jelasnya.

Terkait dengan 98 orang CJH asal Tanjabtim, saat ini telah melaksanakan Manasik Haji. Dan kini tinggal pemantapan pribadi masing-masing untuk menjaga kesehatan. Kemudian akan diberangkatkan dari Asrama Haji Jambi pada 5 Juni 2023 pukul 19.00 WIB.

"Kalau disini (Tanjabtim, red) jamaah akan kumpul di  Masjid Agung Nur Addarojat Muara Sabak pada pukul 14.00 WIB di hari yang sama," terangnya.

"Insya Allah selepas Ashar, jamaah akan dilepas oleh Bapak Bupati Tanjabtim," sambungnya.

Untuk diketahui, 98 CJH asal Tanjabtim, terdiri dari 43 laki-laki dan 55 perempuan. Artinya JCH asal Tanjabtim tahun 2023 ini didominasi oleh perempuan.

"Alhamdulillah semuanya sudah vaksin, dokumen sudah selesai tinggal finishing," tukasnya.(lan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: