BBM PERTALITE Dibatasi di Setiap Daerah, BPH Migas: Silakan Saja, Asal...

 BBM PERTALITE Dibatasi di Setiap Daerah, BPH Migas: Silakan Saja, Asal...

234 Kabupaten/Kota di Indonesia wajib gunakanQR Code untuk beli BBM bersubsidi khususnya BBM solar--

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Distribusi Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi khususnya Pertalite semakin diperketat.

Sejak 11 Mei 2023 lalu, Pertamina membatasi distribusi BBM Pertalite di empat daerah yakni, Timika (Papua), Bengkulu, Aceh dan Bangka Belitung.

Pembatasan terkait pembelian BBM bersubsidi Pertalite ini diatur dalam Perpres 191 tahun 2014.

Dalam atauran pembatasannya, pemilik kendaaraan roda empat yang mau membeli BBM pertalite namun tidak memiliki QR Code tetap dilayani hanya Rp 200 ribu atau 20 liter per hari.

Sedangkan pemilik kendaraan yang sudah mempunyai QR Code atau sudah terdaftar diaplikasi MyPertamina dijatah maksimal 120 liter per hari.

Namun, ternyata pembatasan pembelian BBM subsidi jenis Pertalite  juga terjadi di beberapa Provinsi di Indonesia.

Di Jambi misalnya, pantauan Jambi Ekspres di SPBU Simpang Pucuk Kota Jambi, pembelian BBM jenis Pertalite harus menggunakan QR Code dan sudah terdaftar di MyPertamina.

"Yang tidak punya QR Code tetap kita layani hanya saja dibatasi hanya boleh Rp 200 atau 20 liter per hari,"ujar seorang petugas pria yang enggan disebutkan namanya di SPBU Simpang Pucuk, Kota Jambi kepada Jambi Ekspres.

Tak hanya di SPBU Simpang Pucuk, pembatasan pembelian BBM jenis Pertalite juga terjadi SPBU Simpang Rimbo.

Menurut seorang petugas wanita di SPBU tersebut, pembatasan pembelian BBM jenis Pertalite sudah dilakukan sejak 11 Mei 2023.

"Bagi kendaraan yang tidak punya QR Code tetap kita layani. Namun, takarannya hanya Rp 200 ribu atau 20 liter per hari,"ujar seorang peugas wanita berjilbab kepada Jambi Ekspres bbeerapa waktu lalu.

Yaman S, warga Kota Jambi yang menggunakan mobil Xenia mengaku dalam pembelian BBM Pertalite di SPBU di Provinsi Jambi diwajibkan menggunakan QR Code.

"Sudah dua kali saya sepulang mudik dari Jawa mengisi BBM di Provinis Jambi tepatnya di SPBU Kota Jambi dan Kota Bungo, dua kali pula ditanya soal QR Code oleh petugas SPBU. Meskipun menggunakan QR Code di Provinsi Jambi hanya diperbolehkan mengisi BBM Pertalite Rp 400 ribu atau 40 liter dalam sehari,"ujarnya kepada Jambi Ekspres.

Tak hanya di Jambi, di Provinsi Jawa Timur juga terjadi pembatasan pembelian BBM khususnya Pertalite meskipun tidak menyeluruh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: