Inspeksi Jaringan Listrik untuk kehandalan Kelistrikan

Inspeksi Jaringan Listrik untuk kehandalan Kelistrikan

Inspeksi Jaringan Listrik untuk kehandalan Kelistrikan--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Guna menjaga kehandalan pasokan kelistrikan di Provinsi Jambi khususnya di wilayah kerja PLN ULP seberang kota di kawasan Kabupaten Muaro Jambi, Martha Adi selaku manajer PLN UP3 Jambi bersama Rahmi Hadia Putri selaku manajer PLN ULP Seberang kota pada  tanggal 23 Mei 2023 telah melaksanakan inspeksi Jaringan tegangan Menengah (JTM) dari Gardu Hubung Pasir Panjang sama jalan lintas Jambi - Riau km 73.

Hal ini dilakukan sebagai langkah preventif untuk mengetahui lebih awal terhadap potensi penyebab gangguan listrik. Dari hasil evaluasi mayoritas gangguan di Kabupaten Muaro jambi akibat dari tanam tumbuh yang menempel pada saat terjadi angin maupun hujan sehingga membuat listrik mati. Idealnya jarak antara pohon dengan JTM itu minimal 3m. 

Atas dasar inspeksi tersebut dilanjutkan menjadi target operasi untuk dilakukan pembersihan jalur distribusi ROW (right of way) yang melibatkan tim ROW.

“ROW merupakan langkah efektif yang PLN lakukan untuk mengamankan jaringan listrik ke masyarakat. Pepohonan yang berada di sekitar jaringan listrik perlu dilakukan pemangkasan dan penebangan karena sudah melewati jarak batas aman dan tentunya beresiko menimbulkan gangguan serta sangat membahayakan kalau dibiarkan,” ungkap Martha Adi.

”Menjaga keandalan listrik adalah tugas kami, dan oleh karena itu akan kami maksimalkan setiap langkah preventifnya. Saat ini, salah satu penyebab utama terjadinya padam adalah sentuhan tanaman dan layangan yang tersangkut, itu yang harus kita antisipasi,” imbuhnya lagi.

Peran dari masyarakat terkait kesadaran untuk menjaga tanam tumbuhnya agar tidak menempel ke JTM sangan di butuhkan, tapi tentunya harus dilakukan dengan hati-hati apabila akan melakukan pemangkasan pohon di dekat JTM, apabila kesulitan dalam melakukan pemangkasan tanam tumbuh yang dekat dengan jaringan listrik dapat dilapor ke PLN terdekat maupun dapat melapor via PLN mobile. Atas laporan ini segera akan kami tindaklanjuti karena petugas PLN selalu siaga 24 Jam. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: