Yakin Tangguh, Emak-Emak Bawa Pajero Sport Main Off Road

Yakin Tangguh, Emak-Emak Bawa Pajero Sport Main Off Road

Yakin Tangguh, Emak-Emak Bawa Pajero Sport Main Off Road--

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Mitsubishi Pajero Sport telah dikenal banyak orang karena ketangguhannya dan bandel. Tak hanya gagah di jalan beraspal, tapi juga saat bisa dibawa ke medan off road. SUV ini bahkan telah hadir beberapa generasi di Indonesia, yang membuktikan bahwa kendaraan ini diminati banyak orang.

Tak hanya kaum pria, peminat mobil ini juga termasuk kaum Hawa. Salah satunya Elies, seorang ibu rumah tangga. Bukan untuk sekedar alat transportasi, Pajero Sport miliknya bahkan dijadikan untuk main off road. Dimulai ketika pandemi pada 2020 lalu.

"Zaman pandemi kan dilarang main ke mal, nah saya mainnya ke hutan. Kebetulan awalnya ada teman suka main offroad, saya ikut-ikutan dan ternyata nyandu ada adrenalinnya. Pas hari keduanya, saya langsung ikutan jadi peserta event extreme offroad,” ujar Elies yang saat ini merasa nyaman membawa Mitsubishi New Pajero Sport lansiran 2022 ke hutan.

Meski hobinya tersebut bisa dibilang agak tak biasa bagi seorang ibu rumah tangga, namun Elies sangat serius menjalaninya. Soal urusan teknis permobilan pun digarapnya dengan matang.

Modifikasi offroad yang dilakukan ke Mitsubishi Pajero Sport-nya pun terbilang proper untuk menghadapi jalur lumpur ekstrem. Mulai dari menaikkan ground clearance, menguatkan struktur kaki-kaki, mengganti ban dan velg lumpur khusus offroad, memasang pelindung bodi dan winch, serta tenda dan perlengkapan di interior.

Yang unik, karena saking sayangnya dengan Mitsubishi Pajero Sport-nya tersebut, Elies memberi nama Mud Babe ke mobilnya. "Saya sudah pakai Pajero Sport hampir 7 tahun. Mobil ini menurut saya cukup nyaman dan kuat dipakai ke medan offroad. Mesin Pajero Sport saya masih saya biarin standar, tapi tenaganya sudah kuat,” jelas Elies yang bernaung di bawah bendera tim Wicaksana 4x4.

Dengan ubahan bergaya offroad pada Mitsubishi Pajero Sport miliknya, Elies sudah mencicipi berbagai trek lumpur ekstrim di Jawa. Saat ini ia sedang mempersiapkan mengikuti kegiatan extreme offroad  besar lainnya di Sumatera. “Sekarang Mud Babe lagi istirahat sambil menunggu beberapa spare part  untuk dibawa ke event IOF (Indonesia Offroad Federation) di Sumatera," tukasnya.

Mitsubishi Pajero Sport awalnya disokong mesin dengan kode 4D56. Setelahnya Mitsubishi membuat mesin diesel baru dengan kode 4N15. Mesin tersebut memiliki banyak keunggulan, misalnya kompresi yang lebih rendah dibanding mesin 4D56. Materialnya juga baru dan lebih ringan sehingga menawarkan performa yang baik dan efisiensi menarik.

Mesin diesel 4N15 2.4L MIVEC Turbocharged dan Intercooled dikenal memang tangguh. Mesin yang sudah memenuhi standar emisi Euro 4 tersebut mampu menghasilkan tenaga besar mencapai 181 PS pada putaran 3.500 rpm dengan torsi maksimal 430 Nm pada 2.500 rpm.

Mesin tersebut dihubungkan dengan transmisi otomatis 8 percepatan. Penggunaan transmisi itu diklaim lebih stabil, lebih mewah, dentan konsumsi BBM lebih efisien. Pengendaranya juga bisa memainkan perpindahan gigi secara manual menggunakan paddle shifter tanpa harus melepas tangan pada kemudi.

Bahkan, untuk tipe Dakar Ultimate 4x4, tersedia mode Off Road dengan pilihan mode Gravel (untuk tanah berpasir), Mud/Snow (berlumpur/bersalju), Sand (berpasir) atau Rock (berbatu). Pilihan mode tersebut bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan traksi di medan off road.

Kombinasi mesin dan keunggulan Mitsubishi Pajero Sport ini yang membuat banyak orang tertarik dengan Mitsubishi Pajero Sport. Berbagai keunggulan yang dimiliki Mitsubishi Pajero Sport inilah yang membuat harga jual kembalinya sangat baik. Ditambah lagi dukungan layanan purna jualnya.

"Segala layanan dan fasilitas yang disediakan oleh Mitsubishi Motors kepada konsumen di Indonesia yang dilengkapi dengan jaringan diler resmi dan fasilitas perbaikan kendaraan yang tersebar di seluruh Indonesia, akan memastikan kualitas produk serta nilai jual kembali kendaraan Mitsubishi tetap tinggi sehingga menjadi nilai investasi yang baik untuk konsumen," ungkap Tetsuhiro Tsuchida, Director of Sales & Marketing Division PT MMKSI. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: