RESMI! BBM Pertalite Dibatasi, 6 Motor Yamaha dan 10 Motor Honda ini Dilarang Isi Pertalite

 RESMI! BBM Pertalite Dibatasi, 6 Motor Yamaha dan 10 Motor Honda ini Dilarang Isi Pertalite

Kendaraan roda dua saat mengantri BBM di SPBU--

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Pertamina Persero dan BPH Migas masih terus mencari cara agar BBM khususnya bersubsidi penyalurannya tepat sasaran.

Terbaru, sejak 11 Mei 2023 atau kurang lebih sudah 11 hari Pertamina Persero dan BPH Migas melakukan pembatasan pembelian BBM khususnya untuk Pertalite.

Pembatasan pembelian BBM Pertalite ini diatur dalam Perpres no 191 tahun 2014.

Untuk tahap pertama ini, Pertamina Persero melakukan pembatasan penyaluran BBM Pertalite di empat daerah yaitu, Aceh, Bengkulu, Timika (Papua) dan Provinsi Bangka Belitung.

Pembatasan penyaluran BBM bersubsidi khusunya BBM Pertalite agar benar-benar tepat sasaran, karena fakta di lapangan kendaraan yang seharusnya tidak boleh isi pertalite, namun masih mengggunakan BBM bersubsidi tersebut.

BACA JUGA: RESMI! Ini Daftar Motor Dilarang Pakai Pertalite, Ada Yamaha XMAX, Honda X-ADV, Hingga Kawasaki Ninja H2

BACA JUGA:SAH! Mulai Rabu 24 Mei 2023, Harga BBM Turun Rp 800, Ini Perbedaan Dexlite dan Pertadex

BACA JUGA:ALHAMDULILLAH! Mulai Selasa 23 Mei 2023 Harga BBM Turun Lagi, Cek Harga Pertamax-Pertalite di SPBU

Untuk diketahui, sampai dengan April 2023 penyaluran BBM Pertalite termasuk sudah tinggi mencapai mencapai 28% atau 9,2 juta KL. Untuk kuotanya sendiri selama tahun 2023 sebesar 32,56 juta kilo liter (KL).

Dalama pembatasan pembelian BBM di empat wilayah tersebut pengendara khususnya roda empat hanya diperbolehkan membeli BBM Pertalite Rp 200 ribu rupiah atau 20 liter.

Tapi, pemilik kendaraan sudah memiliki QR Code dan terdaftar di plikasi MyPertamina akan dilayani hingga 120 liter.

Menyusul peraturan baru pembatasan pembelian BBM bersubsidi tersebut, Pertamina Persero akan menyasar Ibu Kota Jakarta. Berbeda dengan 4 daerah ini khususnya akan dimulai pada 25 Mei 2023 pemebatasan pembelian BBM untuk solar.

Jadi, mulai 25 Mei 2023 beli BBM solar di Jakarta wajib gunakan QR Code.

Sementara itu, meskipun daerah Jambi tidak termasuk diberlakukan pembatasan pembelian BBM Pertalite, fakta dilapangan sudah mulai diberlakukan sejak 11 Mei 2023 lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: