Kereta Cepat Jakarta Bandung Melaju Mulus, Netizen: Kena Prank Jokowi Mana Ada Mangkrak!

Kereta Cepat Jakarta Bandung Melaju Mulus, Netizen: Kena Prank Jokowi Mana Ada Mangkrak!

Kereta Cepat Jakarta Bandung melakukan hot sliding test atau uji geser panas jaringan Overhead Catenary System Sabtu dan Minggu, 19-20 Mei 2023-Foto: Dokumen KCIC-

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Jumat dan Sabtu kemarin Kereta Cepat Jakarta-Bandung melaju mulus di atas rel saat melakukan hot sliding test atau uji geser panas jaringan Overhead Catenary System (OCS).

 

Uji coba dilakukan dengan rangkaian kereta inspeksi dari Depo Tegalluar hingga ke Stasiun Halim. Pada uji coba ini menggunakan kecepatan terbatas yaitu pada 60 kilometer per jam.

 

Dalam keterangan resminya, Manager Corporate Communication PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), Emir Monti mengatakan uji coba pada hari pertama Jumat (19/5) berjalan dengan lancar. 

 

Kemudian di hari kedua Sabtu (20/5) uji coba dilanjutkan dengan kereta inspeksi atau perjalanan comprehensive inspection train (CIT) , kembali memastikan kesiapan seluruh jaringan OCS.

 

Kata Emir, menggunakan CIT, aliran listrik yang ada di jaringan OCS dapat diukur dengan lebih detail, mulai dari kemampuan maupun kestabilannya dalam memberikan tenaga untuk sarana Kereta Cepat Jakarta-Bandung

 

CIT ini juga didesain guna mengukur kondisi prasarana Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Prasarana yang dimaksud mulai kelistrikan, kondisi jalur, persinyalan hingga berbagai fasilitas operasi lainnya sebagai pendukung operasi Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

 

Setelah hot sliding test Kereta Cepat Jakarta-Bandung maka tahapan berikutnya adalah melakukan evaluasi data yang menjadi catatan selama uji coba yang akan dilakukan kontraktor dan konsultan. 

 

Tahap uji coba ini nantinya akan berlanjut ke tahap pengujian semua sistem yang terintegrasi. 

 

Pada fase pengujian ini, nantinya Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan dioperasi dengan rutin.

 

 

Sarana  Kereta Cepat Jakarta-Bandung juga akan terus ditingkatkan hingga nanti kecepatan teknisnya bisa mencapai 385 kilometer per jam. 

 

Jika semua tahapan telah dilewati, maka fase berikutnya Kementerian Perhubungan akan melanjutkan ke proses sertifikasi laik operasi. 

 

Selama proses uji coba dan pada fase pengujian jumlah perjalanan kereta cepat juga akan semakin banyak di jalur relnya. 

 

Oleh karena itu Emir juga menghimbau masyarakat yang ada di sekitar rel kereta cepat untu bisa lebih berhati-hati, menjaga jarak aman bahkan tidak bermain layangan di sekitar rel dan jangan beraktivitas di dalam jalur KCJB. 

 

Video uji coba ini pun viral di sosial media. Beberapa netizen mengaku baru saja kena prank Jokowi karena selama ini hanya dapat kabar proyek kereta cepat ini penuh masalah. 

 

“Iya nih kena prank sama Pak Jokowi kirain mangkrak,” ujar pemilik akun TikTok @ajsbhdbd. 

 

Video Kereta Cepat Jakarta-Bandung juga viral di upload berbagai akun sosial media. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: