>

MTsN 3 Kota Jambi Raih Juara 1 Lomba SSK Kota Jambi, Wakili Kota Jambi ke Tingkat Provinsi

MTsN 3 Kota Jambi Raih Juara 1 Lomba SSK Kota Jambi, Wakili Kota Jambi ke Tingkat Provinsi

Kepala MTsN 3 Kota Jambi, Risatri Gusmahansyah S.Pd,M.Si.--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - MTsN 3 Kota Jambi berhasil menyabet juara 1 dalam lomba Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) yang diselenggarakan tingkat Kota Jambi. Sekolah Siaga Kependudukan merupakan program Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional dalam rangka menyebar informasi kepada pelajar mengenai sadar isu kependudukan.

"Pastinya ini sangat membanggakan buat MTsN 3 Kota Jambi. Terlebih dalam perlombaan ini kita bersaing dengan sekolah - sekolah bergengsi di Kota Jambi," jelas Kepala MTsN 3 Kota Jambi, Risatri Gusmahansyah S.Pd,M.Si.


Duta SSK MTsN 3 Kota Jambi--

Untuk penilaian lomba SSK di nilai dari tiga klasifikasi yakni tahap dasar, dimana sekolah harus memiliki SK Sekolah Siaga Kependudukan dari BKKBN, lalu rancangan pembelajaran harus terintegrasi dengan isu kependudukan. Kemudian kedua adalah tahap perkembangan, tahap tersebut merupakan pemantapan dari pertama.


Pojok Kependudukan di MTsN 3 Kota Jambi--

Klasifikasi yang terakhir adalah paripurna, pada tahap ini kurikulum pembelajaran kedalam seluruh mata pelajaran yang ada di MTsN 3 Kota Jambi. Lalu memiliki pojok kependudukan atau ruang tersendiri untuk pelajar menyampaikan pemikiran tentang isu kependudukan.


Komitmen bersama guru MTsN 3 Kota Jambi dalam Program SSK--

"Perlombaan ini juga harus didukung sarana kegiatan ekstrakurikuler seperti Pramuka, Osis, dan sejenisnya. Berbagai ekstrakurikuler itu telah ada di MTs N 3 Kota Jambi," tegas Kepala Madrasah, Risatri Gusmahansyah S.Pd,M.Si.

Dengan menjalankan program SSK sekolah harus mengintegrasikan pendidikan kependudukan dan keluarga berencana kedalam beberapa mata pelajaran. Sehingga diharapkan peserta didik memiliki pengetahuan dan kepedulian sikap terhadap kependudukan.


Kepala Sekolah, Guru dan Staf MTsN 3 Kota Jambi--

"Setalah mendapatkan juara 1 tingkat Kota Jambi, kita diutus untuk mengikuti perlombaan SSK tingkat Provinsi Jambi. Ini satu kebanggaan buat kita, semoga hasil yang didapat kedepannya bisa sesuai harapan, bahkan bisa menjadi perwakilan Provinsi Jambi ditingkat Nasional," kata Risatri Gusmahansyah S.Pd,M.Si.

Dalam program SSK, MTs N 3 Kota Jambi juga memiliki 14 duta SSK. Dimana mereka memiliki tugas sebagai perpanjangan tangan dari sekolah dalam rangka menyebar informasi kepada pelajar mengenai sadar sejak awal tentang dampak yang akan terjadi pada pernikahan dini serta sadar akan isu kependudukan. 


Karikatur siswa MTsN 3 Kota Jambi tentang pernikahan dini sebagai salah satu kegiatan dalam program SSK--

"Kita berharap kedepannya anak anak bisa lebih menjaga diri. Tidak melakukan pernikahan dini, bully dan pergaulan bebas. karena dampak negatif yang akan timbul akan merugikan banyak pihak selain itu juga ada Undang undang yang mengatur tentang hal itu," jelas Kepala Madrasah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: