Kadis Kesehatan Bungo: Masyarakat Dihimbau Hindari Cuaca Ekstrem

Kadis Kesehatan Bungo: Masyarakat Dihimbau Hindari Cuaca Ekstrem

dr. Safaruddin Mattondang, Kadinkes Bungo--

MUARA BUNGO, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Badan Metrologi dan Klimatologi Geofisika (BMKG) memprediksi puncak cuaca panas ekstrem akan terjadi sampai bulan Oktober 2023 mendatang.

Oleh karena itu, masyarakat dihimbau untuk selalu menjaga kesehatan serta sebisanya menghindari sengatan langsung sinar matahari.

Ini disampaikan kepala Dinas Kesehatan kabupaten Bungo, dr Safaruddin Matondang. Ia mengatakan, jika tidak ada kegiatan lebih baik tetap berada di rumah saja.

"Kalau berpergian agar selalu menggunakan pelindung seperti menggunakan payung atau pakaian yang tertutup," ungkap dr. Safarudin Mattondang, Jumat (5/4).

Kata dia, cuaca panas seperti sekarang berdampak pada kesehatan jika sering berada di luar rumah.

"Untuk antisipasi tidak terjadi gejala dari sengatan panas tinggi yang mengakibatkan demam tinggi dan perubahan kulit, lebih baik tidak keluar rumah jika tidak ada kepentingan," imbuhnya.

Safarudin juga memberikan beberapa tips dalam menjaga kesehatan, diantaranya mencegah dehidrasi dengan minum air yang banyak, serta banyak makan buah dan sayur-sayuran segar serta istirahat yang cukup.

"Selain itu hindari kontak dengan sinar matahari secara langsung. Gunakan topi atau payung. Sebaiknya gunakan baju yang berbahan ringan dan longgar dan sebisa mungkin berteduh diantara pukul 11 sampai 15.00 WIB," tandasnya.(aes)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: