Ini Kriteria Penerima Bansos Telur dan Daging Ayam Sebelum Lebaran 2023

Ini Kriteria Penerima Bansos Telur dan Daging Ayam Sebelum Lebaran 2023

Telur dan ayam merupakan sumber protein yang baik untuk meningkatkan gizi keluarga-Foto: ist/Jambiekspres.co.id-

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Sebelum Lebaran 2023 pemerintah akan menyalurkan bansos (bantuan sosial) berupa telur dan daging ayam, ini tentu menjadi kabar gembira bagi masyarakat Indonesia.

 

Arief Prasetyo Adi, Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) mengatakan bansos ini akan mulai dibagikan pada minggu kedua atau minggu ketiga April 2023.

 

Rincian isi bansos berupa 1 pak telur ayam berisi 10 butir dan 1 kilogram daging ayam.

 

Lantas apa kriteria penerima bansos telur dan daging ayam ini? Kata Arief adalah mereka yang berasal dari keluarga risiko stunting.

 

Data keluarga ini diambil dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dan telah tercatat dalam program pengentasan stunting.

 

Saat ini pemerintah kata Arief sedang menyiapkan regulasi penyaluran sehingga ditargetkan minggu kedua atau ketiga April telah bisa dieksekusi penyalurannya.

 

Hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) pada Rapat Kerja Nasional BKKBN awal 2023 lalu mencatat, prevalensi stunting di Indonesia turun dari 24,4% di tahun 2021 menjadi 21,6% di 2022.

 

Ada 5 daerah yang persentase stuntingnya tinggi yaitu NTT, Sulbar, Aceh, NTB, dan Sultra. Tetapi kalau dihitung secara jumlah, beda lagi, yang paling banyak adalah Jawa Barat, kemudian Jawa Timur, Jawa Tengah, Sumut, dan Banten.

 

Sementara yang paling banyak penurunan angka stunting adalah Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Sumatera Utara, dan Banten.

 

Adapun Dampak stunting tak hanya pada tinggi badan anak, namun juga rendahnya kemampuan anak untuk belajar, dan munculnya penyakit-penyakit kronis yang gampang masuk ke tubuh anak. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: