Jokowi : Kita Ditunjuk Jadi Tuan Rumah Oktober 2019, Israel Lolos Seleksi Piala Dunia U-20 Juli 2022

Jokowi : Kita Ditunjuk Jadi Tuan Rumah Oktober 2019, Israel Lolos Seleksi Piala Dunia U-20 Juli 2022

Presiden Joko Widodo -Foto: BPMI Setpres-

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Presiden Jokowi akhirnya buka suara terkait keikutsertaan Timnas Israel dalam Piala Dunia U20 yang rencananya akan diselenggarakan di Indonesia.

 

"Dalam kesempatan ini juga saya menyampaikan bahwa Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan Piala Dunia U-20 melalui proses bidding, melalui proses seleksi panjang dan pada proses akhir, ada tiga negara yaitu Indonesia, Brasil, Peru," ujar Jokowi.

 

"Saat itu semua pihak berjuang keras bersama-sama agar Indonesia bisa menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 dan akhirnya bulan Oktober 2019 Indonesia ditunjuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 oleh FIFA," lanjutnya.

 

"Saat ditunjuk menjadi tuan rumah kita belum tahu siapa yang akan menjadi tim peserta karena masih dalam proses prakualifikasi dan kepastian timnas Israel lolos seleksi Piala Dunia U-20 baru kita ketahui pada bulan Juli 2022," ujar Jokowi.

 

Dalam perjalanan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023, Indonesia dalam posisi sulit menyusul lolosnya Israel.

 

Sejumlah pihak katanya menolak kehadiran timnas Israel di Piala Dunia U-20 2023 hingga belakangan muncul rumor Indonesia akan dicoret sebagai tuan rumah oleh FIFA.

 

"Ini merupakan kehormatan bagi bangsa Indonesia, karena kita mendapat kepercayaan menyelenggarakan Piala Dunia U-20, penyelenggaraan event olahraga yang paling banyak penggemarnya di seluruh dunia," ucap Jokowi.

 

“Saya menjamin keikutsertaan Israel tidak ada kaitannya dengan konsistensi posisi politik luar negeri kita terhadap Palestina karena dukungan kita terhadap palestina selalu kokoh dan kuat,” lanjutnya lagi.

 

“Dalam urusan U-20 ini, kita sependapat dengan Duta Besar Palestina untuk Indonesia, bahwa FIFA memiliki aturan yang harus ditaati anggotanya. Jadi jangan mencampur adukkan urusan olahraga dan urusan politik,” ujar Jokowi.

 

“Ini prinsip, prinsip negara kita Indonesia yang selalu konsisten dan teguh dalam memperjuangkan dan mendukung kemerdekaan Palestina. Ini sesuai dengan konstitusi menolak penjajahan dalam bentuk apapun, dan ini selalu kita sampaikan dalam forum-forum bilateral, forum multilateral maupun forum internasional lainnya,” tegas Jokowi lagi.

 

FIFA kata Jokowi juga telah mengetahui penolakan keikutsertaan timnas Israel.

 

“Saya telah mengutus ketua umum PSSI utk bertemu tim FFA untuk mencaro penyelesaian yang terbaik dan solusi yang terbaik,” lanjutnya lagi. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: